Eks Sekjen Nasdem Jalani Sidang Perdana Kasus Korupsi

Patrice Rio Capella Ditahan KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Patrice Rio Capella diagendakan menjalani sidang perdananya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin 9 November 2015.

Sidang perdana Rio Capella ini beragendakan pembacaan surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Majelis Hakim yang akan memeriksa dan mengadili perkara ini diketuai oleh Hakim Artha Theresia.

KPK Periksa Kejanggalan Penanganan Kasus Rio Capella

Hakim Artha diketahui sempat menjadi Ketua Majelis dalam beberapa kasus korupsi. Di antaranya, perkara mantan Ketua Komisi Vlll DPR, Sutan Bhatoegana; mantan Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno serta mantan Kepala Dinas Perhubungan DKl Jakarta, Udar Pristono.

Sementara itu, anggota Majelis Hakim untuk perkara Rio Capella terdiri dari Hakim Sinung Hermawan, Hakim lbnu Basuki Widodo, Hakim Joko Subagyo, serta Hakim Sigit.

Diketahui, Rio Capella sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penyelidikan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, dan atau Kejaksaan Agung sejak 15 Oktober 2015.

Selain Rio, KPK juga menetapkan Gubernur Sumatera Utara nonaktif, Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti sebagai tersangka.

Pada perkara ini, Patrice disangka merupakan pihak yang telah menerima suap. Sedangkan Gatot dan juga Evy merupakan pihak pemberi.

Paripurna DPR Sahkan Pengganti Eks Sekjen Nasdem

Pemberian itu diduga terkait 'pengamanan' perkara dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos), tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH) dan Penyertaan Modal pada sejumlah BUMD pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Perkara tersebut, diketahui tengah diselidiki oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan Kejaksaan Agung.

Rio Capella yang disangka sebagai pihak penerima, dijerat dengan Pasal 12 huruf a, huruf b atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor. (asp)

Mantan Sekjen Nasdem Patrice Rio Capella

KPK: Eksaminasi Kasus Rio Capella Rampung

Prosesnya tinggal menunggu keputusan dari pimpinan.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2016