Bos Silicon Valley Saweran Dana Rp299 Miliar untuk Ilmuwan

Ilustrasi ilmuwan.
Sumber :

VIVA.co.id - Para bos perusahaan teknologi dunia yang bermarkas di Silicon Valley memberikan donasi untuk para ilmuwan. Penghargaan hampir mencapai US$22 juta atau tepatnya US$21,9 juta (Rp299 miliar).

Bos-bos teknologi dunia itu memberikan dana penghargaan dalam tajuk "Breakthrough Prize" itu kepada ilmuwan atas penemuan mendasar tentang alam semesta, kehidupan, dan pikiran.

Dikutip dari Mercury News, Senin 9 November 2015, penghargaan itu merupakan saweran dari beberapa pasangan bos teknologi di Silicon Valley. Di antaranya yaitu pendiri Google, Sergey Brin dan Anne Wojcicki, Yuri dan Julia Milner, dan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan. Ada juga Jack Ma dan Cathy Zhang, yang merupakan pendiri Alibaba, e-commerce raksasa asal China.

Dana penghargaan itu disebutkan berasal dari beberapa yayasan bos teknologi itu, di antaranya Brin Wojcicki Foundation, Community Foundation, yayasan pendanaan di Silicon Valley Community Foundation milik Mark Zuckerberg, Jack Ma Foundation dan Milner Global Foundation.

Dalam pengumuman penghargaan pada Minggu malam 8 November 2015 di Ames Research Center NASA, dana tersebut telah didistribusikan ke para ilmuwan di seluruh dunia.

"Dengan menantang pemikiran konvensional dan perluasan pengetahuan dalam jangka panjang, para ilmuwan bisa memecahkan masalah terbesar kita," kata Chief Executive Officer Facebook, Mark Zuckerberg yang juga salah satu pendiri iniasi penghargaan tersebut.

Zuckerberg mengatakan, "Breakthrough Prize" mengapresiasi pencapaian dalam ilmu pengetahuan dan matematika yang dijalankan oleh peneliti.

"Kita dapat mendorong banyak penelitian rintisan dan menghargai ilmuwan, karena mereka benar-benar pahlawan," kata bos Facebook itu.

Sementara itu, Anne Wojcicki, salah satu pendiri dan CEO perusahaan genom personal, 23andMe mengatakan, pemenang penghargaan pada tahun ini telah membuka mata dan pandangan dunia dalam memahami problem manusia.

Beberapa ilmuwan yang memenangi penghargaan mentereng ini di antaranya Ian Agol (UC-Berkeley) untuk bidang matematika, Edward S Boyden, Karl Deisseroth (Stanford University untuk bidang ilmu kehidupan), peneliti Experiments Investigating Neutrino Oscillation (China), KamLand (Jepang), K2K/T2K (Jepang), Sudbury Neutrino Observatory (Kanada), dan Super-Kamiokande (Jepang) untuk fisika fundamental.

Kemudian, peneliti bidang fisika yaitu B. Andrei Bernevig, Liang Fu, Xiao-Liang Qi (Stanford University); Raphael Flauger, Leonardo Senatore (Stanford University), dan Yuji Tachikawa. (art)

Mastel: Tepat, Jokowi ke Silicon Valley Saat Ini
Presiden Jokowi disambut Mark Zuckerberg di kantor pusat Facebook, California, Amerika Serikat, Rabu (17/02/2016).

Jokowi Coreti Dinding Facebook dengan Pesan Bahasa Indonesia

Pesan yang dituliskan yaitu 'Bersama damai dalam harmoni'.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2016