Pemerintah Ingin 20 Ribu Industri Kecil dalam 5 Tahun

Ilustrasi pelaku UKM.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Industri Kecil dan Menengah (IKM) tercatat berkontribusi sebesar 34,56 persen terhadap pertumbuhan industri pengolahan non-migas secara keseluruhan.

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi

Kementerian Perindustrian membidik target penumbuhan populasi industri selama lima tahun ke depan yang cukup besar, yaitu penumbuhan industri kecil sebanyak 20 ribu dan peningkatan skala usaha 4.500 industri kecil menjadi industri menengah dalam lima tahun.

"Kreativitas dan kegigihan pelaku industri kecil dan menengah diakui, sekaligus diapresiasi oleh pemerintah. Mereka sigap memberi sentuhan artistik dan cepat beradaptasi dengan kondisi pasar," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin seperti dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Rabu 11 November 2015.
 
Diceritakannya, ketika di Bali, ia bertemu dengan perajin muda yang mengolah cangkang kerang menjadi kerajinan lampu. Kemarin di Rote, ada mama-mama penenun yang memakai kelapa dan damar merah.

"Sekarang di Padang, karya inovatif dari IKM-IKM seluruh Indonesia semakin membuktikan keunggulan pelaku usaha," kata Menperin, saat berbincang dengan pelaku IMK pada acara Konvensi Nasional Gugus Kendali Mutu-Industri Kecil dan Menengah (GKM-IKM) di Padang, Sumatera Barat.

Peningkatan kualitas dan kreativitas produksi IKM juga diyakini mampu memenangi persaingan ketika Masyarakat Ekonomi Asean berlaku akhir tahun ini.

Akses modal juga dibuka lebih luas oleh pemerintah melalui Paket Kebijakan Ekonomi III yang memperluas pemberian kredit modal kerja untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) 22 persen per tahun menjadi 12 persen per tahun dan pada tahun depan menyusut menjadi sembilan persen.

Sri Mulyani: Nilai Perjanjian WIEF US$900 Juta, Masih Kecil

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014, terdapat 3,5 juta unit usaha IKM, yang merupakan 90 persen dari total unit usaha industri nasional. Jumlah unit usaha tersebut telah mampu menyerap tenaga kerja sebesar 8,4 juta orang, yang tentunya berdampak pada meningkatnya ekonomi nasional. (asp)

Infrastruktur Tol Cipali Terus Dikebut

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop

Industrialiasi tantangan untuk pertumbuhan ekonomi.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016