KemenPUPR Temukan Cara Bikin Rumah Instan

Rangka Rumah Instan KemenPUPR.
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA.co.id - Saat ini, segala sesuatu dibuat instan, bahkan rumah pun dibuat secara instan. Produk dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Balitbang PUPR) ini misalnya. Rumah ini diklaim bisa didirikan 10 kali lebih cepat dari pembangunan rumah pada umumnya. 

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
Rumah unik ini diberi nama Risha, akronim dari ‘rumah instan sederhana sehat’. Risha merupakan penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat (oleh sebab itu disebut sebagai teknologi instan), dengan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai
Risha menggunakan beton bertulang yang dirancang secara khusus di industri komponen, berbentuk persegi panjang yang kemudian dirakit dengan beton bertulang berbentuk siku. Kelemahannya, karena komponennya mengacu pada ukuran modular, maka ukuran denah sangat kaku, mengacu pada kelipatan 3 meter dan 1,5 meter.

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi
Dari sisi konsumsi bahan bangunan teknologi Risha hanya mengonsumsi sekitar 60 persen serta bahan bangunan dibandingkan dengan teknologi konvensional. Sehingga teknologi ini lebih ramah lingkungan (hemat sumber daya alam, hemat energi, hemat pemeliharaan, hemat waktu).

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya