Pasar Modal Bisa Jadi Sumber Pendanaan Infrastruktur

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman D Hadad.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pasar modal Indonesia menjadi sumber utama pendanaan proyek infrastruktur yang sedang digarap pemerintah.

Sukseskan Tax Amnesty, OJK Perlonggar Syarat Modal Sekuritas

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad, mengatakan, proyek infrastruktur membutuhkan pembiayaan jangka panjang. Sayangnya, masih ada kesenjangan antara kebutuhan modal nasional jangka panjang dengan dana yang tersedia.
DPD Minta Menkeu Tak Sembarang Sunat Anggaran Daerah


"Saat ini, pembiayaan jangka panjang masih didominasi oleh perbankan. Ke depan, penyediaan dana di pasar modal diharapkan semakin lengkap, di samping pendanaan perbankan," kata Muliaman di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, 12 November 2015.


Selain itu, kata Muliaman, pasar modal dapat digunakan sebagai alternatif pembiayaan untuk mendorong usaha kelas menengah. Akan tetapi, upaya mendorong pasar modal menjadi pendanaan utama perlu dukungan investor domestik yang diperkuat.


Saat ini, kepemilikan saham Indonesia oleh asing masih mendominasi. Asing menguasai 65 persen saham nasional. Sekitar 37 persen obligasi pemerintah juga dimiliki oleh asing.


"Jika dibandingkan potensi kelas menengah yang berkembang hanya 0,3 persen (investor domestik) dari kelas menengah. Ini terbilang kecil dibandingkan negara tetangga di ASEAN," ucapnya.


Oleh karena itu, guna meningkatkan jumlah investor, OJK terus menggalangkan sosialisasi dan edukasi manfaat pasar modal kepada masyarakat, dari mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga karyawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya