Rini Janjikan Audit Forensik Petral Selesai Pekan Ini

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id -  Ada dua hal yang ditindaklanjuti terkait audit forensik Pertamina Energy Trading Limited (Petral), yaitu aspek korporasi dan aspek hukum. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menargetkan analisis aspek hukum akan dirampungkan dalam waktu dekat.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

"Ada dua proses lanjutan yaitu corporate action dan legal action," kata Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 12 November 2015.

Dia meminta perusahaan pelat merah itu menganalisis hasil audit forensik secara korporasi. Misalnya, mengkaji kemungkinan adanya transaksi-transaksi yang mencurigakan dan bisa merugikan Pertamina.

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN

"Sehubungan dengan apa yang terjadi di Petral, saya minta Pak Dwi, oke, setelah kita dapatkan laporan itu aksi korporasi apa yang akan kita lakukan sehingga Pertamina  terjaga, hal-hal yang di anggap merugikan Pertamina dan juga transaksi mencurigakan apa yang kita lakukan secara korporasi," kata Rini.

Sementara itu, kajian dari sisi hukum dilakukan Rini bersama dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said. Dia menargetkan analisis aspek hukum audit forensik Petral akan selesai dalam minggu ini. Usai kajian selesai, hasil tersebut akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hutama Karya Mohon Uang Muka Proyek Dikembalikan Jadi 20 Persen

"Mungkin satu minggu inilah insya Allah (selesai) karena beliau (Sudirman) sedang berada di Arab Saudi," ujarnya. 

Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021