Ini Bahaya Konsumsi Antibiotik yang Jarang Diketahui Orang

Minum Obat Antibiotik
Sumber :

VIVA.co.id - Anda perlu mengetahui bahaya yang mengancam di balik penggunaan antibiotik yang tidak tepat. Penggunaan antibiotik harus diimbangi dengan kesadaran untuk selalu bijak dalam menggunakan obat yang ditemukan oleh Alexander Fleming ini.

Menkes: Masyarakat Kurang Paham Penggunaan Antibiotik

Hal yang ditakutkan dari resistensi antibiotik adalah ke depannya sudah tidak ada lagi antibiotik yang mampu mengobati dan melawan infeksi bakteri. Cara utama menekan percepatan kekebalan bakteri adalah dengan pemanfaatan antibiotik yang bertanggung jawab, yaitu hanya untuk penyakit yang memerlukan antibiotik sesuai resep dan dengan dosis serta waktu yang tepat.

Manfaatkan antibiotik dengan bijak berarti memperpanjang masa ampuh obat. Antibiotik yang sudah tidak efektif lagi akan sulit menyembuhkan infeksi bahkan yang paling sederhana, sehingga akan mengakibatkan kematian. Jika antibiotik tidak lagi efektif, infeksi sederhana menjadi sulit untuk disembuhkan bahkan dapat menyebabkan kematian.

"Kita telah sewenang-wenang dan tidak bijak dalam menggunakan antibiotik," ujar Ketua Yayasan Orang Tua Peduli (YOP) Purnamawati Sujud Sp.A(K),MMPed di sela acara World Antibiotic Awareness, di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 12 November 2015.

Resistensi Antibiotik Bisa Sebabkan Kematian

Relawan YOP yang juga dosen Pendidikan Medis Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya, Nurul Itqiyah Hariadi mengatakan, kesehatan kita adalah tanggung jawab kita, sehingga untuk mengatasi masalah resistensi setiap pasien dan individu perlu untuk menyadari beberapa hal seperti mengubah pandangan bahwa antibiotik.

Menyembuhkan semua infeksi penyakit, terus belajar dari sumber terpercaya, menggunakan antibiotik sesuai panduan, jangan gunakan antibiotik untuk batuk, pilek, muntah dan diare tanpa darah.

Hati-hati, Resistensi Antibiotik Bisa Terjadi pada Anda

Selain itu tidak ada salahnya menjadi pasien yang kritis dengan menanyakan pada dokter diagnosis yang dalam bahasa medis dan jenis obat yang diberikan. Jika malu untuk bertanya berusahalah untuk mencari informasi dari sumber terpercaya.

(mus)

Antibiotik

Antibiotik Bagi Penderita ISPA Non Spesifik Tak Dianjurkan

Antibiotik akan ampuh mengobati kalau digunakan dengan tepat

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2016