Hari Ini, UFO Diprediksi Jatuh ke Bumi

Ilustrasi sampah luar angkasa
Sumber :
  • Space

VIVA.co.id - Menurut Badan Luar Angkasa Eropa (ESA), benda luar angkasa yang tidak dikenal akan jatuh ke Bumi pada hari ini, Jumat, 13 November 2015. Benda misterius itu diperkirakan merupakan puing benda luar angkasa yang dinamakan WTF1190F.

WTF1190F akan jatuh dari luar angkasa dan menghantam Laut India pada pukul 06.20 GMT. Diprediksi, benda itu akan berjalan dengan kecepatan penuh dalam keadaan terbakar saat menyentuh atmosfer, tepatnya 100 kilometer dari lepas pantai selatan Sri Lanka. Meski sebagian besar dalam keadaan terbakar dan habis sebelum mencapai permukaan, tetap ada beberapa pecahan kecil yang mampu menghantam Bumi.

"Objek ini sepertinya sisa puing dari salah satu pesawat atau kendaraan luar angkasa yang pernah diluncurkan. Kemungkinan roket yang pernah meledak, kendaraan robot, atau sisa dari zaman Apollo diluncurkan," ujar pihak ESA, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat, 13 November 2015.

ESA mengatakan, jatuhnya benda misterius ini memang mengkhawatirkan. Namun, para ilmuwan menganggapnya sebagai bahan uji coba sistem deteksi benda luar angkasa yang dimiliki.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

Sebelumnya, menurut ESA, sangat sulit untuk memprediksi lokasi jatuhnya benda luar angkasa yang datang ke Bumi. Oleh karena itu, WTF1190F akan menjadi kesempatan bagi ESA untuk meningkatkan metode deteksi yang dimiliki.

Objek WTF1190F pertama kali ditemukan oleh tim Catalina Sky Survey pada 2013. Gerakannya memutar dengan jarak sekitar 250.000 kilometer dari Bumi. Orbitnya yang berbentuk elips membuatnya tidak stabil dan ketinggiannya makin lama berkurang, sehingga dipastikan akan menghantam atmosfer.

Menurut astronom, ukuran WTF1190F berdiameter 1 sampai 2 meter. Dengan ukuran tersebut, dipastikan benda luar angkasa itu akan habis terbakar sebelum bisa mencapai permukaan. (art)

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016