Ketua MPR: Saya Berusaha Memecahkan Kebekuan Pelanggaran HAM

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :
VIVA.co.id
Soal Pilkada Kembali ke DPRD, Ini Kata Ketua MPR
- Di hadapan ratusan peserta sosialisasi Empat Pilar MPR yang diselenggarakan oleh Kontras, di Gedung Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, 13 November 2015, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan MPR adalah tempat siapa saja yang mau berdiskusi mengenai berbagai masalah.

Bom Sarinah, Ketua MPR Nilai Aparat Tak Kecolongan

“MPR mengajak kepada siapa saja untuk bicara sekritis apapun di sini,” ujarnya.
Zulkifli Hasan: Posisi Ketua DPR Hak Golkar, Kita Hormati


Zulkifli dengan tegas mengatakan dirinya tak takut mendiskusikan apapun di ruang sebagus ini. Ruang bagus ini untuk seluruh rakyat Indonesia.

 

Dikatakan setelah dirinya terpilih menjadi Ketua MPR, dirinya berusaha ikut memecahkan kebekuan masalah pelanggaran HAM. Menurutnya jangan sampai republik ini mempunyai utang sejarah atau mengulur-ngulur masalah pelanggaran HAM. “Bila mengulur-ngulur waktu akibatnya seperti apa yang terjadi di Belanda dengan sebutan pengadilan rakyat,” ujarnya.

 

Meski demikian dirinya tidak setuju dengan apa yang terjadi di Belanda tersebut. Menurutnya hal demikian bisa menjadi kontraproduktif sebab Belanda mempunyai sejarah panjang tersendiri di Indonesia.

 

Diungkapkan dirinya telah mengundang dan menerima dari berbagai pihak seperti orang-orang yang mengerti HAM dan menjadi korban pelanggaran HAM. Menurutnya, apa yang diserap dari berbagai pihak itu disampaikan kepada Presiden dan Presiden merespon apa yang disampaikan itu dengan mengatakan akan segera menyelesaikan masalah.

 

Diakui implementasi dalam masalah penegakkan hukum memang berat meski rekonsiliasi sudah dilakukan. “Saya ingin membantu penyelesaian korban pelanggaran HAM agar tidak menjadi utang,” ujarnya.

 

Dirinya menyarankan agar kelompok seperti Kontras dan Komnas HAM dilibatkan dalam penyelesaian masalah pelanggaran HAM. “Saya percaya kebaikan akan datang,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya