Rieke PDIP: Ada Kekuatan Asing di Balik Pelindo II

Rapat Pansus Pelindo
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Ketua Tim Panitia Khusus (Pansus) Angket PT Pelindo II Rieke Diah Pitaloka menyatakan adanya intervensi asing dalam pengelolaan aset-aset yang dimiliki negara.

Industri Logistik Protes Tarif Timbun Kontainer Naik 900%

Hal ini diduga juga terjadi pada pengelolaan Pelabuhan Tanjung Priuk, dimana PT Pelindo II kini menjadi operator dari pelabuhan tersebut.

“Dari hasil penelusuran tim Pansus, terdapat indikasi penguasaan aset negara oleh pihak asing dari pengelolaan aset-aset negara,” ujar Rieke Diah Pitaloka di Gedung DPR RI, Jakarta pada Jumat, 13 November 2015.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, tim Pansus akan berusaha maksimal untuk mengungkap sejumlah penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di PT Pelindo. 

“Akankah kita menyerahkan republik ini kepada tangan-tangan mafia? Persoalan BUMN ini adalah persoalan bagaimana mekanisme ekonomi kita dijalankan seperti pasal 30 UUD 1945. Ini untuk menyelamatkan aset negara,” ujar Rieke.

Rieke juga berharap agar semua pihak dapat bekerjasama untuk membantu mengungkap permasalah yang ada di tubuh PT Pelindo II. “Saya berharap semua pihak menjadikan ini persoalan bersama. Ini adalah pertarungan mazhab ekonomi pancasila dengan mashab politik neolib atau kapitalis,” kata dia.

Dari hasil penyelidikan sementara, tim Pansus menemukan adanya indikasi kerugian negara terhadap masalah-masalah yang terjadi di PT Pelindo II. Diperkirakan, potensi kerugian negara jumlahnya lebih besar dari kasus dana talangan Bank Century.

”Indikasi kerugian negara bisa lebih besar dari kasus Century. Kami mengidentifikasikan adanya kerugian negara dengan jumlah lebih dari Rp7 triliun,” kata Rieke. (ase)

DPR Desak KPK Usut Korupsi Pembangunan Terminal New Priok
Fasilitas bongkar muat di Pelindo III, Surabaya.

Pelindo III Bantah Tudingan Intimidasi Pekerja Alih Daya

Sebagian pekerja mengaku akan diberhentikan pada 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2016