Ikuti Cara Ini Jika Mau Jadi Pekerja Lepas

freelance writers
Sumber :

VIVA.co.id - Memutuskan untuk jadikan freelance (pekerja lepas) sebagai penghasilan utama, bukanlah hal yang mudah. Terlebih, bagi Anda yang merupakan pekerja kantoran yang sudah biasa dengan pendapatan tetap bulanan.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Pekerjaan yang tidak tetap, penentuan waktu kerja diatur oleh tenggat waktu, adalah sejumlah tantangan yang mesti dihadapi. 

Namun, jika masih mempertanyakan, apakah sudah siap untuk melepaskan status sebagai karyawan dan akhirnya bekerja sebagai freelance, berikut adalah empat alasan yang bisa menyebabkannya. 
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Suka penghasilan tetap
Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Pekerja lepas biasanya dibayar berdasarkan proyek yang mereka kerjakan. Jadi, jumlah penghasilan pun bisa tidak tetap dan fluktuatif setiap bulannya.
Karena itu, jika Anda belum siap dengan kondisi seperti itu dan masih ingin punya penghasilan yang tetap setiap bulannya, urungkan niat untuk total menjadi pekerja lepas.

Meskipun saat ini, banyak pengakuan dari para pekerja lepas yang memiliki kehidupan dan kondisi keuangan yang lebih baik dibanding para karyawan kantoran. 


Tidak mau gabungkan pekerjaan dan hobi

Kebanyakan pekerja lepas seringkali mengumpamakan pekerjaan mereka sebagai “kesayangan” mereka. Sebab, hobi merekalah yang akhirnya dijadikan pekerjaan. 

Karena itu, apabila Anda masih sering memisahkan hobi dan pekerjaan, serta tidak dapat menerima kedua hal itu dilakukan secara bersamaan, artinya kamu belum siap untuk total bekerja sebagai freelancer.



Senang kerja di kantor

Anda masih pusing dengan masalah keuangan hingga tidak lagi berpikir untuk menjadi bos bagi diri sendiri? Jika jawabannya ya, jangan berpikiran untuk menjadi pekerja lepas. Ketika menjadi freelancer, maka Anda akan bekerja sesuai keinginan. Bisa dikatakan hal itu tidak jauh berbeda dengan pemikiran seorang bos.

Jika masih menginginkan kepastian, pergilah ke kantor, lakukan pekerjaan, dan biarkan orang lain yang menilai dan menggaji.

 
Masih belum miliki mimpi

Anda punya mimpi untuk menjadi seorang penulis, pelaku seni, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang lekat dengan status freelancer? Mungkin, bisa dihitung dengan jari untuk yang menjawab ya. 

Anda mungkin menjadi orang yang lebih menginginkan untuk bekerja sebagai dokter, guru, atau bahkan ibu rumah tangga. Karena itu, apabila memang tidak memiliki impian untuk melakukan pekerjaan lepas, maka sebaiknya jangan pernah memulainya.

Sebab, hal itu akan membuat Anda melakukan proyek-proyek, atau pekerjaan dengan setengah hati, sehingga hasilnya tidaklah optimal. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya