Tujuh Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil

Sumber :
  • idiva.com
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Menguatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat, saat ini membuat harga kebutuhan hidup pun meningkat. Kalau sudah begini, siapa sih yang tidak mau memiliki usaha yang bisa dikerjakan di rumah? 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Bagi Anda yang berniat ingin memiliki usaha di rumah, sebaiknya cari tahu dulu apa peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah, tetapi sesuai dengan kemampuan Anda. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Untuk membangun usaha yang bisa diandalkan nantinya, Anda harus memiliki gambaran jenis usaha yang jelas. 

Gambaran yang dimaksud, adalah tentang apa jenis usaha yang mau Anda buat, bagaimana seluk beluk usaha Anda nantinya, siapa yang akan membantu mengelola usaha Anda, dan yang paling penting berapa modal yang harus anda miliki untuk membangun usaha tersebut.

Beberapa pertanyaan yang ditanyakan tadi, harus Anda pikirkan masak-masak, agar bisa melihat peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah. 

Dengan harapan, agar usaha tersebut bisa menguntungkan untuk Anda.
Terkadang ada orang yang khawatir untuk membangun usaha harus memiliki tempat yang besar.

Padahal, tidak semua usaha butuh sewa tempat, Anda bisa melakukannya di rumah yang sesuai dengan kebutuhan pasar di sekitar Anda. 

Berikut, beberapa jenis peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah dengan modal kecil:

a. Membuka usaha menjahit

Masih banyak orang yang lebih merasa nyaman, jika menjahit pakaiannya sendiri ketimbang beli jadi yang ukurannya suka tidak pas dan model yang monoton. 

Untuk Anda yang memiliki keahlian menjahit, usaha ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. 

Selain menjahit, Anda juga bisa mengembangkan usaha dengan menerima jasa vermak baju dan kursus menjahit. Dengan modal yang harus Anda miliki hanya perlengkapan menjahit dan kreativitas yang tinggi. Baca Juga: Cari Kredit Usaha Untuk Dapatkan Modal? Pertimbangkan Ini Dulu

b. Usaha kuliner

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dan hobi memasak jangan ragu untuk menyalurkan bakat Anda. Gunakan pemikiran kreatif Anda untuk membuat ide makanan yang unik, tetapi tetap digemari banyak orang. 

Anda bisa memasarkan usaha Anda, baik secara online maupun door to door ke tetangga Anda.

c. Jualan pulsa elektrik

Untuk memiliki usaha elektrik, Anda tidak harus memiliki toko cukup buat papan iklan di depan pagar Anda yang menginformasikan kalau Anda telah menyediakan pulsa elektrik. 

Sebab, tingginya tingkat kebutuhan masyarakat akan pulsa (baik untuk handphone maupun token listrik), maka usaha ini cukup menjanjikan. 

Namun, satu hal yang perlu Anda ingat jika ingin usaha pulsa Anda lancar jaya Anda harus tetap tertib walau untuk pemakaian sediri. 

70 persen usaha pulsa elektrik mengalami kegagalan, karena tingkat konsumtif pedagangnya tinggi, namun tidak tertib dalam hal pembayaran. Baca Juga: Pakai Kartu Kredit Ini, Anda akan Dapat Diskon Belanja Kebutuhan

*

d. Membuka les privat

Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar suatu bidang tertentu, Anda bisa menyalurkan keahlian Anda dengan membuka les privat. 

Anda bisa memberikan pengajaran ke pada siswa anda baik di rumah Anda maupun di rumah siswa, tergantung permintaan siswa. 

Anda bisa menawarkan beragam pelajaran yang anda kuasai, seperti les musik, les bahasa, les komputer, les mata pelajaran, dan beragam les lainnya.

e. Membuka warung sembako

Bila Anda berminat untuk membuka warung sembako sebagai peluang usaha Anda. Sebaiknya, Anda lihat dulu apakah lokasi rumah yang Anda tempati saat ini sudah cukup strategis untuk membuka warung sembako.

Perhatikan juga pesaing Anda apakah jaraknya berdekatan atau tidak, dan yang paling penting kalkuasikan perhitungan modal dengan cermat.

f. Usaha jasa design, editing foto, dan percetakkan

Sayang sekali bila Anda yang memiliki kemampuan di bidang ini, tetapi tidak menyalurkannya. 

Karena untuk membuka usaha ini, Anda hanya harus memiliki software yang terkait dan keahlian Anda saja. Sedangkan mengenai percetakan, jika Anda baru membuka, gunakan dulu opsi kerja sama dengan mitra percetakan digital di daerah rumah anda yang harganya kompetitif. Baca Juga: Butuh Dana Besar Untuk Renovasi Rumah? Pakai Ini Saja

g. Membuka laundry kiloan

Jika Anda tinggal di dekat kampus yang banyak berjamuran tempat kos, beruntunglah Anda, karena peluang usaha untuk membuka laundry kiloan sangat besar. 

Namun, agar pelanggan dapat tertarik dengan usaha Anda, usahakan agar harganya dibuat lebih kompetitif dengan beragam layanan yang ditawarkan.

Buat perhitungan yang matang

Satu hal yang mesti Anda perhatikan adalah, harga murah tidak menjamin usaha Anda dapat berjalan sukses. Terkadang, konsumen lebih tertarik untuk membeli, atau menggunakan produk, atau jasa yang memiliki layanan lengkap, meski harga tidak terlalu murah. 

Karena itu, buatlah perhitungan yang matang, agar usaha tidak kacau hanya karena Anda salah perhitungan mengenai hal ini. Baca Juga: Pengertian Inflasi dan Cara Untuk Menghadapinya

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya