Janji Rosan Roeslani Jadi Ketum Kadin

Misi Rosan, Calon Ketua Umum Kadin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Salah satu Calon Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani mempunyai keinginan, jika nanti dia terpilih menjadi Ketua Umum Kadin di periode 2015-2020, akan membuat Kadin berpengaruh di mata pemerintahan.

Dia menginginkan, Kadin mempunyai peran sebagai pendorong sektor riil bagi pertumbuhan positif ekonomi nasional.

Bakmi Kadin, Legendanya Bakmi di Jogja

"Pada sektor riil inilah, peran Kadin sebagai wadah para pelaku usaha akan sangat menentukan bagi pertumbuhan positif ekonomi kita," ujar Rosan di Menara Kadin, Jakarta, Senin 16 November 2015.

Menurut pria yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial ini, kondisi makro ekonomi sangat bergantung pada sektor rill. Apa yang terjadi pada sektor perdagangan, perindustrian, dan jasa akan menentukan stabilitas ekonomi nasional.

Rosan juga menjelaskan, fundamental ekonomi nasional terganggu, karena menurunnya pendapatan dari sisi ekspor, selain karena faktor goncangan ekonomi secara global.

Kadin Sambut Positif Kabinet Ekonomi

Tak hanya itu, menurutnya, neraca perdagangan menjadi negatif akibat merosotnya pendapatan ekspor yang selama ini lebih didominasi komoditas, termasuk bahan mentah pertambangan.

"Kondisi tersebut, berimbas pada menurunnya kepercayaan dan nilai tukar rupiah sempat tergerus," katanya.

Selain itu, Rosan juga menjelaskan, sembilan tugas pokok Kadin yang tertuang dalam UU No. 1 Tahun 1987 tentang Kadin sebenarnya bermuara pada tujuan untuk mendukung perekonomian nasional yang stabil dan bertumbuh positif.

Fundamental ekonomi nasional yang labil, karena ketergantungan pada faktor eksternal harus mulai dipikirkan bersama oleh pemerintah bersama Kadin.

"Kami ingin mendorong agar sektor industri perlu dibangun untuk menjadi fondasi ekonomi nasional. Sebab, kami yakin, bila sektor industri dalam negeri kokoh, maka ketergantungan pada faktor eksternal akan menurun yang berimbas pada stabilitas ekonomi kita," ujarnya. (asp)

Pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto.

Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto

Tidak masalah, jika Rio dapat sponsor dari perusahaan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016