Pemenang Tender Palapa Ring Disubsidi Selama 15 Tahun

ilustrasi broadband internet
Sumber :
  • itpro.co,uk

VIVA.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengungkapkan pihaknya sangat serius dalam menggarap proyek Palapa Ring. Bahkan, pemenang dari proyek tersebut akan mendapat jaminan subsidi selama 15 tahun.

"Skemanya distruktur dengan Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS). Peserta tender yang ditetapkan nanti adalah yang melakukan pembangunan dan mengoperasikan selama 15 tahun. Dengan jaminan pasar oleh pemerintah," ujar Rudiantara, ditemui di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin malam, 16 November 2015.

Disampaikannya, pemerintah akan menjamin mengenai penjualan. Dipakai atau tidak, pemerintah yang akan bertanggung jawab. Sebab, Palapa Ring ini ada karena menggunakan dana operator juga yang berasal dari Universal Service Obligation (USO).

"Jadi selama 15 tahun itu, jaminan berada di tangan pemerintah. Akhir bulan ini akan keluar RFP (Request For Proposal) yang akan diperebutkan delapan peserta tender. Penetapan pemenangnya diumumkan di kuartal pertama 2016," jelasnya.

Diharapkan dengan jaminan selama 15 tahun, Palapa Ring dapat menggoda para pemain industri yang sedang berkompetisi memenangkan tender. Bila terealisasi maka pemerintah akan membuka akses internet melalui broadband serat optik di 56-57 Kabupaten/Kotamadya di seluruh Indonesia.

"Nanti tendernya ada di barat Nauta, tengah Miangas, Maluku Utara. Lalu daerah lainnya akan dilakukan operator. Pokoknya, semua harus selesai 2018," ucapnya.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat
Apple iPhone.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia

Direksi Apple sudah datang ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016