Simak, Tips Sukses Buka Bisnis Butik Rumahan

Gelar Karya Produk Kreatif UKM 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Bisnis butik rumahan adalah jenis usaha yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Sebab, sebagai ibu rumah tangga, apalagi yang sudah memiliki anak, tentu memiliki kesibukan yang sangat menyita waktu, sehingga tidak memungkinkan bagi Anda untuk bekerja di kantor lagi. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Bila memiliki modal untuk membuka bisnis butik rumahan, sebaiknya jangan ragu-ragu. Karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, seperti butik pada umunya.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Selain itu, kelebihan bisnis ini adalah barang dagangan Anda yang tidak laku tidak akan busuk, masih bisa dijual lagi. Memang untuk modal awal, ada beberapa persiapan yang membutuhkan dana ekstra.

Meskipun ada biaya ekstra di awal, namun karena bisnis ini Anda jalankan dari rumah, tentunya Anda juga menghemat biaya lainnya, seperti transportasi, makan, sewa tempat, pegawai, dan lainnya. 

Karena di rumah, Anda juga bisa tetap memantau perkembangan buah hati Anda dan mempersiapkan kebutuhan keluarga Anda.

Meskipun usaha butik ini cukup menjanjikan, tetapi tak jarang banyak yang berhenti di tengah jalan. Jika Anda menemui kendala ini, sebaiknya Anda jangan terlalu cepat untuk memutuskan berhenti, karena banyak cara untuk mengatasi hal ini. 

Berikut ini sedikit inspirasi, agar Anda bisa sukses bisnis butik rumahan:

1. Tempat usaha

Kalau rumah Anda sudah berada di lokasi yang strategis, langkah selanjutnya agar sukses bisnis butik rumahan, Anda harus menyiapkan tempat usaha Anda. 

Usahakan agar butik Anda memiliki tampilan yang menarik dengan menambah sedikit sentuhan dekorasi ruang yang menarik dan nyaman untuk memilih pakaian yang Anda display. 

Dekorasi yang menarik tidaklah harus mahal dan mewah, triknya adalah padu padankan benda yang Anda miliki, agar dapat menimbulkan kesan nyaman. Hal ini membuat pelanggan Anda betah untuk berlama-lama memilih pakaian yang Anda jual.

2. Lakukan survei

Meskipun Anda membuka butik di rumah, namun bukan berarti Anda bisa berpangku tangan berharap pembeli datang dengan sendirinya. Lakukanlah survei kepada kompetitor Anda, perhatikan jenis pakaian apa yang paling laris di pasaran. Melakukan survei sangat bermanfaat, jika Anda ingin sukses bisnis butik rumahan. 

Karena dengan survei, Anda bisa lebih kompetitif dengan kompetitor Anda. Baca Juga: Ini Dia Kartu Kredit Untuk Anda Pecinta Travel

3. Target konsumen

Sebelum Anda membeli barang dagangan, pastikan sudah menentukan target konsumen. Pilihlah target konsumen yang sesuai dengan lingkungan Anda, agar dapat menarik perhatian konsumen. 

Bila Anda tinggal di lingkungan yang ekonominya menengah ke bawah, maka juallah baju dengan harga yang terjangkau, namun tetap modis dan berkelas. 

Sebab, apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda akan menjadi ciri khas dari butik Anda. Misalkan, Anda memilih target konsumen kalangan ibu-ibu, maka display-lah baju yang sesuai. Dan, agar menarik perhatian tunjukkan papan harga dengan harga yang terjangkau.

4. Promosi

Agar sukses bisnis butik rumahan, jangan lupa untuk memberikan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memberitahukan kepada orang lain secara langsung, menempelkan poster, dan memasang banner.


5. Diskon

Memberikan diskon bagi pelanggan Anda adalah salah satu trik sukses bisnis butik rumahan. Tidak perlu takut rugi, caranya lakukan perhitungan yang cermat dengan mengambil untung tipis. 

Jadi, pastikan kalau modal awal Anda tidak habis untuk kegiatan promosi Anda. Baca Juga: Cari Kredit Usaha Untuk Dapatkan Modal? Pertimbangkan Ini Dulu

6. Menyediakan barang yang berbeda dengan yang lain

Gunakan trik limited edition dengan model baju yang up to date, namun tetap dengan harga yang tidak melangit. Jika Anda menyajikan barang dagangan yang langka dan unik, secara otomatis Anda telah meminimalisir pesaing Anda. 

Kalau bisa, carilah barang dagangan yang tidak di jual oleh kompetitor Anda. Hal ini bertujuan, agar jangan sampai pelanggan Anda membandingkan butik Anda dengan kompetitor.

7. Pelayanan ramah dan menyenangkan

Percaya atau tidak, walaupun butik Anda memiliki barang yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, tetapi jika pelayanannya tidak ramah dan akrab, butik Anda tidak akan diminati pelanggan. 

Sebab, sebagian wanita memiliki perasaan yang sensitif yang bisa membuat mereka malas untuk berkunjung lagi ke butik Anda. 

Jadi, berikanlah pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggan Anda, meskipun pelanggan Anda banyak bertanya dan bersikap kurang bersahabat. 

Sebagai penjual yang baik, tetaplah tersenyum jika Anda bertemu dengan pelanggan yang demikian, karena pembeli adalah raja. Baca Juga: Investasi Saham: Hal-Hal Dasar yang Mesti Anda Ketahui

8. Marketing online

Hal terakhir agar bisnis butik Anda bisa sukses adalah dengan mengembangkan segmentasi pasar melalui marketing online. 

Untuk meminimalisir pengeluaran, Anda bisa merekrut freelancer yang bersedia memasarkan barang dagangan Anda dengan sistem pembayaran komisi. 

Atau, Anda juga bisa menawarkan sistem dropship dengan para marketer online.

Jangan ragu mencoba, jangan ragu bertanya

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menjalankan bisnis butik online. Kuncinya adalah, jangan ragu dalam memutuskan apakah ingin menjalankannya atau tidak. 

Meskipun begitu, jangan juga mengambil keputusan secara terburu-buru, cobalah untuk bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman di bidang bisnis ini. Jadi, sudah siap berbisnis? Baca juga: Ini Kartu Kredit Pilihan untuk Mendukung Gaya Hidup Anda

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya