Pasar Properti China Pulih dari Keterpurukan

Ilustrasi properti.
Sumber :
  • Forbes
VIVA.co.id
Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan
- Pasar properti di China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, mulai pulih dari keterpurukan selama lebih dari setahun.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan
Dikutip pada laman CNBC, Rabu 18 November 2015, hal itu terlihat dari rilis resmi yang menyatakan bahwa harga rumah baru di China pada Oktober rata-rata naik 0,1 persen dibandingkan Oktober tahun lalu. Ini merupakankenaikan untuk pertama kalinya dalam setahun. Pada September, harga rumah baru di China turun 0,9 persen.

Datang Sebagai Turis ke Jerman, Malah Dikira Imigran
Pada periode tersebut, harga rumah baru di Beijing naik 6,5 persen, di Shanghai menguat 10,9 persen, dan di Shenzhen melonjak hampir 40 persen.

"Harga rumah di China berada di lintasan yang baik. Secara nasional, harga rumah di sana sudah mulai pulih dari keterpurukan," kata Erwin Sanft, Kepala Strategi China Macquarie.

"Ini berita baik bagi pasar properti China. Ini juga diprediksi bisa berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi negara itu. Namun, kenaikan harga rumah harus dibatasi," tambahnya.

Sanft menuturkan, kenaikan harga properti yang terlalu tinggi akan menjadi sentimen negatif bagi pertumbuhan ekonomi.

Apalagi, pasar properti di China merupakan barometer yang diawasi ketat oleh pemerintah. Sebab, sektor ini menyumbangkan 15 persen pada pertumbuhan domestik bruto (PDB) China. Dengan demikian, perlambatan dan pertumbuhan yang terlalu tinggi di pasar properti akan memiliki dampak luas bagi perekonomian.

Tampaknya stimulus moneter yang diberikan China ke pasar, salah satunya berdampak positif ke pasar properti. Seperti diketahui, The People's Bank of China (PBOC) telah enam kali menurunkan suku bunga acuannya sejak November 2014.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya