Ini Cara Dapat Kerja Lewat LinkedIn

Kantor Pusat LinkedIn.
Sumber :
  • bu.edu
VIVA.co.id
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
- Menurut Statista, LinkedIn telah melaporkan membernya sebanyak 396 juta pada tahun ini, yang berarti benar-benar sebuah perjuangan untuk mendapatkan perhatian di sebuah kolom pencari kerja.

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
Tapi, jaringan profesional LinkedIn dapat membawa hal positif jika digunakan secara hati-hati. Oleh karena itu, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan lewat LinkedIn, seperti dilansir laman Times of India.

64% Generasi Millennial Akui LinkedIn Pengaruhi Karier
Berkolaborasi secara internasional dengan bergabung grup LinkedIn

Menurut Quinn Hedrick, MSHR of QHC Quinn Hedrick Consultancy, LinkedIn adalah salah satu alat terbaik untk mendapatkan jaringan pekerjaan atau karier yang Anda cari. Anda bisa memulainya dengan bergabung dengan kelompok yang mempunyai latar belakang yang sama.

Hal ini akan membantu Anda untuk berkolaborasi secara internasional untuk membuka pintu lebih banyak agar orang bisa melihat kualifikasi yang Anda punya. Dengan demikian, jika digunakan secara cerdas, LinkedIn dapat membantu Anda menemukan pekerjaan impian Anda.

Proaktif di LinkedIn adalah kuncinya

John Palcisko, Presiden di JDP Search Group mengatakan, pertama-tama kita harus melengkapi profil LinkedIn dan mengisi semua rincian yang diperlukan yang dapat membantu mencari kerja. Kemudian, merekomendasikan menjadi pengguna yang aktif LinkedIn dan berpartisipasi dalam kelompok LinkedIn terkait dengan profesi Anda. 

Mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan atau dengan kata lain jadilah proaktif dalam sebuah grup. Sebuah resume tidak bisa melakukan apa-apa tanpa Anda berkomunikasi dengan orang-orang. 

Anda juga harus mencari kontak dan berhubungan dengan mereka. Banyak calon pekerja hanya menjangkau HRD dan tidak melakukan usaha apapun untuk berhubungan dengan seseorang yang bisa menjadi atasan mereka berikutnya.

Memperkenalkan diri sebelum melamar pekerjaan

Edward Frankel, Vice President, Director of Talent Acquisiion di The CDM Group mengatakan, Anda harus menemukan kesempatan untuk mendapatkan perhatian. Sebelum melamar, periksa jaringan Anda apakah ada koneksi Anda yang bekerja di tempat tersebut. Koneksi Anda bisa membantu untuk memperkenalkan diri Anda sebelum melamar kerja.

Jangan mengirim pesan 'sampah'

George McRobbie, Recruitment Delivery Manager hypen Workforce Solution di London Inggris mengatakan, tetap rahasia, dan langsung ke pokok permasalahan. Perekrut menerima ratusan aplikasi pekerjaan, sehingga sangat penting untuk menarik perhatian mereka. 

Anda juga harus memastikan pendekatan Anda sudah benar. Kebanyakan perekrut mengkhususkan diri dalam bidang tertentu sehingga Anda hanya membuang-buang waktu mengirim pesan 'sampah' setiap ada lowongan di LinkedIn. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mengurangi jumlah pesan yang Anda butuhkan untuk mengirim lamaran pekerjaan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya