Rosan Janjikan Kadin Jadi Penggerak Industrialisasi Nasional

Misi Rosan, Calon Ketua Umum Kadin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto
- Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, ingin menjadikan Kadin sebagai motor penggerak industrialisasi nasional menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pada 1 Januari 2016.

Bakmi Kadin, Legendanya Bakmi di Jogja
Hal itu dikatakan Rosan menyusul pencalonannya sebagai ketua umum Kadin, periode 2015-2020 pada Musyawarah Nasional VII Kadin di Bandung, Jawa Barat, 22-24 November mendatang.

Kadin Sambut Positif Kabinet Ekonomi
“Pemimpin harus mempunyai visi yang agresif dan inovatif serta berjiwa besar. Saya akan menjadikan Kadin sebagai katalis pendorong peningkatan produktivitas dan daya saing industri nasional,” ujar Rosan, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 18 November 2015.

Rosan menjelaskan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dikaruniai sumber daya alam melimpah dan sumber daya manusia yang besar.

Selain itu, kata Rosan, potensi yang dimiliki Indonesia tersebut, selain dapat menyediakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi anak bangsa, juga akan mempercepat transformasi negeri ini menjadi negara maju.

“Industrialisasi adalah kenyataan bagi Indonesia. Kita harus mewujudkan tekad itu untuk menjadi negara maju,” katanya.

Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial ini, di tengah persaingan pasar yang semakin ketat di tingkat domestik maupun internasional, industrialisasi diyakini menjadi salah satu pendorong untuk menghadirkan harapan positif bagi kemajuan ekonomi nasional.

Industrialisasi selain dapat meningkatkan arus masuk investasi, juga akan membuka lapangan kerja baru seluas-luasnya dan menciptakan multiplier effect di sektor perdagangan.

"Pemimpin Kadin harus mampu mendorong pertumbuhan sektor industri sebagai katalis utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Itu salah satu tekad saya,” kata Rosan.

Rosan mengungkapkan, melalui industrialisasi akan terjalin suatu proses penciptaan nilai tambah dalam setiap kegiatan ekonomi, termasuk di dalamnya, produksi, distribusi perdagangan, dan investasi.

“Kadin harus menjadi perwakilan dunia usaha yang efektif, strategis, relevan, dan inklusif. Saya yakin suara Kadin sebagai organisasi yang menyuarakan kepentingan dunia usaha nasional akan didengar dan dihormati pemerintah,” kata Rosan.

Seperti diketahui, Rosan secara resmi telah mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum, pada Senin, 16 November 2015. Selain Rosan, mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel juga ikut meramaikan pemilihan calon ketua umum Kadin ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya