Pasar AS Positif, Bursa Asia Dibuka Menguat

Sumber :
  • REUTERS/Issei Kato

VIVA.co.id - Bursa Asia dibuka menguat pada perdagangan Kamis pagi setelah pasar AS bereaksi positif terhadap rilis yang dikeluarkan bank sentral Amerika Serikat, The Fed, mengenai hasil pertemuan Oktober lalu. 

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
Dilansir dari CNBC, Kamis 19 November 2015, dalam rilis itu The Fed menginsyaratkan adanya kenaikan suku bunga Bank Sentral AS pada Desember. 

Wall Street Catat Rekor Anjlok Terlama Sejak Krisis 2008
Pasar AS semua berakhir positif, dengan Nasdaq Composite ditutup 1,79 persen atau 89,19 poin lebih tinggi. Dow Jones Industrial Average ditutup 247,66 poin atau 1,42 persen lebih tinggi sedangkan S & P 500 ditutup 1,62 persen atau 33,14 poin ke atas.

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Investor juga tampaknya mulai mengambil langkah-langkah positif setelah peristiwa tragis yang terjadi di Paris, Prancis. 

Indeks utama Eropa ditutup bervariasi. Indeks FTSE London naik 0,16 persen sementara indeks DAX Jerman berakhir turun 0,10 persen dan CAC Prancis ditutup 30,59 poin lebih rendah.

Perdagangan Jepang dibuka naik lebih tinggi  dan mencapai surplus US$902 juta. Ekspor turun 2,1 persen.  Nikkei 225 dibuka lebih tinggi di 19.870,55 poin.

Saham berorientasi ekspor seperti Toyota, Nissan, Honda, Toshiba dan Fast Retailing dibuka di wilayah positif. Berita besar lainnya adalah investor masih menunggu keputusan Bank of Japan (BOJ) yang mengadakan pertemuan selama dua hari terkait dengan suku bunga. 

Chris Weston, Kepala Strategi Pasar di IG Spreadbetter, mengatakan tidak terlalu berharap dengan adanya pertemuan yang dilakukan BOJ akan menghasilkan perkembangan yang positif kecuali kemungkinan akan ada kenaikan suku bunga.

Sementara pasar Korea Selatan mengikuti reli di pasar Australia dan Jepang. Saham Kospi naik 0,61 persen karena sentimen investor didorong oleh perkembangan di Wall Street tadi malam.  Saham Lotte Shopping naik 1,37 persen pada awal perdagangan.

Saham Australia dibuka hijau pada Kamis pagi, bank dan produsen memanfaatkan kenaikan di Wall Street tadi malam.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya