Lima Hal yang Membuat Kulit Sensitif Lebih Buruk

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan
- Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membungkus otot serta pembuluh darah. Seperti bagian tubuh lainnya, kulit juga membutuhkan perawatan dan perlindungan.  

Manjakan Wanita, Jeunesse Hadirkan Sistem Peremajaan
Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal. Anda hanya cukup untuk menjalani gaya hidup sehat. Untuk itu, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari, berikut paparannya dilansir New Beauty.

Tips Perawatan Kulit Sesuai Teladan Rasulullah
Kurang tidur

Kurang tidur atau sering begadang akan menyebabkan terbentuknya kantong mata berwarna kehitaman. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat wajah Anda terlihat kusam dan lesu. Saat tidur, energi akan mengalir ke seluruh tubuh untuk proses peremajaan sel. Sehingga, bila waktu tidur Anda kurang, tubuh akan kehilangan momen peremajaan kulit.

"Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda akan mengalami peningkatan kadar kortisol sehingga menyebabkan peningkatan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan hormon stres meningkat dan timbulnya jerawat atau psoriasis," ujar New York dermatologist, Jody Levine.

Mengenakan logam tertentu pada kulit

Jenis kulit yang sensitif biasanya akan menolak beberapa jenis bahan, seperti logam pada perhiasaan atau wewangian. Bahan tersebut dapat menyebabkan ruam pada kulit karena terdapat zat kimia yang membahayakan.

"Beberapa reaksi kulit yang sensitif biasanya disebabkan oleh nikel dalam perhiasan. Beberapa kasus, orang yang sensitif akan mengalami reaksi alergi dan membuat kulit menjadi tidak sehat," ujar dr Levine.

Stres

Jangan biarkan stres menguasai pikiran Anda, karena stres mampu mempengaruhi kondisi kulit Anda. Seseorang yang mengalami stres cenderung mengabaikan kesehatan kulit. Bila tidak diatasi, stres dapat memicu psoriasis, rosacea dan jerawat. Kondisi ini juga dapat menurunkan kemampuan kulit untuk melawan infeksi dan iritasi.  

"Hormon-hormon yang dipengaruhi oleh stres dapat menyebabkan kulit Anda melemah dalam proses pembaharuan sel. Jika ini berlanjut cukup lama, kulit Anda akan mengalami kerusakan," ujar New Orleans aesthetician, Mandy Epley.

Konsumsi makanan olahan

Setiap makanan olahan atau yang dibungkus, sebenarnya buruk bagi kulit dan kesehatan Anda pada umumnya. Makanan olahan yang sangat lembut bisa menyulitkan pencernaan yang tepat. Hal ini bisa menyebabkan banyak reaksi alergi, peradangan, dan jerawat.

Makanan kemasan juga mengandung bahan kimia lain yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Makanan olahan mengandung gula lemak dalam jumlah banyak, yang dapat menyebabkan diabetes, lemak perut berlebih, dan peradangan.

Makanan diatas tidak selalu buruk bagi Anda, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Jika Anda menderita jerawat, cobalah untuk mengurangi makanan jenis ini.

Cuaca

Perubahan cuaca dapat mempengaruhi kulit Anda juga, terutama ketika musim dingin atau hujan. Dimana pada keadaan itu kulit mengalami dehidrasi dan lebih sensitif. 

Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan sesak, nyeri dan ketidaknyamanan. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya gunakan pelembab yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya