Tech Torch, Lightsaber ala Pasukan Udara Amerika

Tech Torch
Sumber :
  • US Air Force

VIVA.co.id - Angkatan Udara Amerika bersama Energetic Materials & Products mengklaim mampu menciptakan perangkat yang mirip dengan pedang cahaya (lightsaber) Luke Skywalker dari karakter StarWars. Perangkat itu diberi nama Tech Torch.

Tech Torch merupakan perangkat yang ringan, mampu memunculkan cahaya api berbentuk pedang. Cahaya api itu bisa memotong baja dalam hitungan detik.

"Perangkat ini bekerja dengan memanfaatkan kombinasi kimia dan fisika. Cahaya api itu menimbulkan panas yang tinggi dan bisa melelehkan baja. Kekuatan penggeraknya mampu mengikis materi dengan cepat," ujar Stephanie Johnson, ilmuwan kimia dan manager program lab Energetic Materials & Products, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis 19 November 2015.

Perangkat ini berukuran panjang 13 inci dan lebar 1,5 inci. Beratnya pun hanya 100 gram dan bisa dengan mudah mematahkan batang baja, atau pembatas lainnya. Cahaya api yang dihasilkan bisa memiliki suhu sampai 4.000 derajat Fahrenheit.

Meskipun diciptakan untuk membantu operasional pasukan khusus, namun perangkat ini juga bisa berfungsi layaknya penerang di lapangan dengan kondisi gelap.

Gaun Unik dari 10 Ribu Lego Terinspirasi Star Wars

Cahaya lampu dari perangkat itu bisa berperan sebagai senter yang menyala, bahkan di dalam air, memungkinkan penyelam untuk mendapatkan pencahayaan. (asp)

Harrison Ford.

Harrison Ford Nyaris Tewas saat Syuting Star Wars

Cedera yang dialami termasuk fatal.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016