Daripada Ributkan Novanto, Lebih Baik Fokus RUU Minerba

Tambang Freeport di Papua.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Saat ini publik dihadapkan dengan kegaduhan politik yang terjadi antara Pemerintah atau khususnya Menteri ESDM dengan politisi di Senayan, terkait masalah Freeport.

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Menurut anggota Komisi VII DPR, Joko Purwanto, persoalan Freeport seharusnya tidak menimbulkan kegaduhan. Namun ia sendiri mendukung pembenahan berbagai aset negara yang dikuasai perusahaan asing, seperti Freeport.

"Masa kita terjebak dalam pertarungan," kata Joko di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 19 November 2015.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Joko mengatakan solusi atas persoalan tersebut sebenarnya adalah pembenahan undang-undang dan aturan turunan terkait pengelolaan sumber daya alam.

"Yang krisis itu aturannya. Dari undang-undang turun ke peraturan pemerintah beda, turun lagi ke keputusan menteri beda juga. Itu disengaja atau tidak?" Ujar Joko.

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?

Menurutnya, lebih baik DPR fokus menyelesaikan RUU Minerba daripada menambah gaduh suasana. Ia meyakini, keberadaan undang-undang tersebut bisa menjaga aset negara, khususnya di bidang pertambangan.

"Freeport atau pihak asing lain yang mengeruk kekayaan Indonesia, berhasil membuat kita merasa bodoh. Seolah-olah, kita belum mampu melakukan investasi, menjalankan teknologi," katanya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya