Cara Atasi Stres di Tempat Kerja

Ilustrasi pekerja Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won
VIVA.co.id
Karyawan 5 Industri Ini Punya Tingkat Kepuasan Kerja Tinggi
- Stres jangka panjang dapat membahayakan tubuh Anda. Menurut Mayo Clinic, tekanan yang terjadi terus-menerus dapat mengakibatkan berbagai penyakit, seperti masalah pencernaan, kecemasan, memori yang melemah, dan sebagainya. 

Lima Tips Tetap Sehat Berada di Kantor
Jika Anda mendapat tekanan yang cukup besar di tempat kerja, penting untuk bersiap-siap sebelum hal-hal yang tidak diinginkan menyerang Anda.

Ternyata Ini Cara Pria Hilangkan Stres di Kantor
JobsDB kepada VIVA.co.id, berbagi tips bagaimana Anda bisa mengatasi masalah tersebut.

Sebelum bekerja

Kurangi kemungkinan stres, dengan membuat pilihan keputusan yang tepat atas apa pun yang hendak Anda kerjakan. Anda bisa memulainya dengan hal berikut:

1. Tidur malam yang cukup

Banyak keuntungan yang Anda dapatkan dari tidur malam yang cukup. Saat tidur malam, adalah saat di mana tubuh melakukan pemulihan tenaga. Jadi, jangan sampai mengurangi waktu tidur yang disarankan. Para ahli menyarankan tidur malam selama 7 – 8 jam untuk bisa merasakan kesegaran di pagi harinya. 

Pastikan Anda untuk menghindari tidur terlalu larut — atau baru tidur saat dini hari tiba. Kesulitan untuk tidur lebih awal? Lakukan kegiatan yang merelaksasi dan santai sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk menjauhkan handphone dari tempat tidur Anda.

2. Rapikan ruang kerja

Memiliki ruangan kerja yang tertata rapi adalah permulaan yang baik untuk mengurangi kadar stres di tempat kerja. Dengan memiliki ruangan kerja yang rapi, maka rak, laci, dan papan kerja Anda akan terlihat lebih berguna. 

Atur berkas-berkas Anda menjadi lebih tersusun, dengan cara memasukkannya dalam folder dan berikan label untuk menandakannya. Sebagai pengingat akan tugas Anda, letakkan kalender dekat dengan meja dan tempelkan sticky notes berwarna sebagai pengingat. Bila ruangan kerja rapi, maka kerja pun akan jadi semakin semangat.

3. Berikan sedikit dekorasi pada meja kerja Anda

Setelah segala sesuatunya tertata baik di meja kerja, sekarang Anda dapat menambahkan beberapa dekorasi sederhana untuk menambah semangat kerja. Letakkan gambar orang terkasih, gambar pemandangan, atau apapun yang dapat membuat Anda tersenyum. Selalu ingat akan hal menyenangkan yang Anda miliki, juga dapat membantu untuk lebih mudah dalam menghadapi pekerjaan.


Saat sedang bekerja

Jangan merasa cemas dan panik, ketika stres saat sedang bekerja. Praktikkan langkah-langkah berikut untuk mengembalikan semuanya menjadi lebih baik.

1. Santai sejenak dari situasi yang buat Anda stres

Jika jadwal Anda memungkinkan, istirahat sejenak untuk membuat Anda tenang merupakan cara yang baik untuk mengurangi kepenatan. Berjalan kaki sambil menghirup udara segar, dapat merileksasi dan membersihkan pikiran.

Jika jadwal tidak memungkinkan Anda untuk santai sejenak, cobalah dengar beberapa lagu yang dapat menenangkan. Saat Anda tengah makan siang, cobalah untuk pergi makan di luar, ketimbang makan di meja kerja. 

Gunakan waktu lunch break untuk sekedar rileks dari pekerjaan, cara ini dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan mental.

2. Makan cemilan yang menyehatkan

Mudah bagi setiap orang untuk mengonsumsi junk food ketika sedang stres, pilihan sempurna untuk memuaskan rasa lapar di siang hari, bukan? Namun, jika ini sering Anda lakukan, jelas akan merugikan kondisi tubuh Anda.
 
Cemilan menyehatkan seperti buah lebih bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang Anda dan akan lebih baik, jika Anda menyimpan beberapa di laci Anda. Ternyata, dark chocolate juga berguna jika Anda menyimpannya juga, satu atau dua kotak cemilan manis ini dapat meningkatkan mood Anda secara instan (memicu pelepasan hormon endorfin) dan mampu menurunkan tekanan darah.

3. Regangkan otot anda

Para ahli sangat tidak menyarankan untuk duduk dengan posisi yang sama pada waktu yang lama, karena akan berdampak pada rasa sakit akibat keram otot. Beberapa bentuk olahraga dapat Anda lakukan di meja kerja untuk meringankan lelah pada bagian sendi. 

Saat Anda ingin berkomunikasi dengan rekan kerja, sebaiknya datangi langsung ke kubikel rekan tersebut untuk berkomunikasi langsung daripada berkomunikasi melalui email.


Untuk jangka panjang

Berikut adalah solusi untuk jangka panjang dalam menghadapi stres di tempat kerja

1. Nikmati kehidupan di luar pekerjaan Anda

Memiliki kehidupan yang menyenangkan di luar pekerjaan Anda adalah cara terbaik untuk melawan stres. Jika memungkinkan, habiskan akhir pekan untuk beristirahat dan rileks. Jalani hobi-hobi baru, membaca buku, jalan-jalan atau pun menonton film – lakukan apa pun asal Anda merasa terhibur. 

Jika Anda memilih untuk beristirahat di rumah dan tidur, hal tersebut juga bukan hal yang buruk, perlu untuk recharge your batteries, setelah semua yang Anda lakukan selama seminggu.

2. Buat hubungan dengan rekan kerja menjadi lebih erat

Anda telah menghabiskan hampir sepanjang minggu dengan rekan kerja Anda, sehingga sangat masuk akal untuk lebih mempererat hubungan pertemanan dengan mereka yang Anda temui setiap harinya. Bagaimana pun, kalian berada di tempat yang sama, di mana rekan kerja adalah orang terbaik untuk berbagi ketika keadaan memburuk (atau bahkan ketika segala sesuatu berjalan baik dan lancar). 

Hari-hari kerja yang buruk dapat berubah jika Anda mempunyai dukungan, jadi bangunlah sebuah hubungan yang baik dengan rekan kerja.

3. Terapkan sikap positif

Sikap positif adalah hal yang harus Anda miliki, ketika suatu hal memburuk. Bahkan, ketika terdapat hal yang tidak pada tempatnya, Anda harus memikirkan bagaimana cara menghadapi masalah tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, atur ulang mindset Anda dan anggap masalah itu sebagai sebuah tantangan, lalu Anda akan mendapatkan hasil yang Anda harapkan jika tetap bersikap optimis.

Ingat bahwa kehidupan tidak selalu tentang pekerjaan, kenyataannya pekerjaan hanyalah suatu aspek mungil dalam kehidupan Anda. Jika Anda melihat dengan menggunakan sudut pandang ini, Anda akan belajar untuk lebih tenang, bahkan ketika hal buruk menerpa pekerjaan Anda. 

Gunakan tips-tips ini untuk melawan stres di tempat kerja Anda. Semoga bermanfaat. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya