Ambisi Bisnis Cloud, Google Rekrut Pendiri VMWare

Diane Green
Sumber :
  • www.pcworld.com

VIVA.co.id - Pendiri VMWare, sekaligus sosok senior dalam industri teknologi, Diane Green berlabuh di Google. Ia dinobatkan sebagai pemimpin layanan komputasi awan yang sedang dijalankan oleh perusahaan mesin pencari di internet tersebut.

Dalam jabatan barunya ini, Green akan mengawasi segala bisnis komputasi awan yang digarap oleh Google, seperti Cloud Platform, Google for Work, hingga Google Apps. Sebelumnya, ia mengemban sebagai Direktur Google.

"Platform pengembangan barunya ini akan membuatnya mudah untuk membangun dan memelihara perusahaan," ujar Chief Executive Officer (CEO) Google, Sundar Pichai dikutip dari PC World, Jumat 20 November 2015.

Pichai mengatakan, dengan Green yang mengemban posisi barunya ini, diharapkan mampu mendongkrak bisnis komputasi awan yang dikembangkan oleh Google. Untuk mempermudah tugas Green, Google juga tengah merampungkan akusisi Bebop.

Sebelumnya, Kepala Infrastruktur Google, Urz Holzle, mengatakan pihaknya sedang mencari pendapatan baru melalui komputasi awan guna meraup pendapatan iklan dalam waktu lima tahun ke depan. Menurutnya, kepemimpinan Green mampu memenuhi ambisi Google tersebut.

Diketahui, perempuan pirang ini pernah menjabat sebagai CEO VMWare selama sepuluh tahun lamanya, dari kurun waktu tahun 1998 hingga tahun 2008. Posisinya di VMWare pun tergeserkan oleh Paul Maritz.

Saat ini, bisnis cloud Google masih di bawah pesaing mereka, yakni Microsoft dengan Azure dan Amazon dengan Web Services. Melihat kompetisi itu, Google terus berupaya meningkatkan agar bisnis komputasi awan yang dikembangkannya menarik banyak korporasi dan lebih populer dari kepunyaan Microsoft dan Amazon. (asp)

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh
Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016