7 Fasilitas Kartu Kredit yang Bermanfaat

Fasilitas Kartu Kredit
Sumber :

VIVA.co.id - Sebagai seorang wanita karir yang cukup sukses, Diana seringkali harus bepergian ke luar kota selama beberapa hari. Nah, demi memudahkan kebutuhannya selama perjalanan dinas, Diana memilih kartu kredit sebagai alat bantu transaksinya.

Emang bisa? Ya bisa pake banget dong!

Diana sering membayar biaya inap di hotel yang memiliki hubungan kerjasama dengan bank penerbit kartu kreditnya.  Tujuannya, biar dapat harga khusus sekaligus ngumpulin poin rewards. Lumayan kan!

Baca: Apa Sih Poin Rewards Itu dan Bedanya dengan Cashback Apa?

Demikian pula untuk kebutuhan mandi seperti sabun, pasta dan sikat gigi, dan lain-lain selama dinas. Diana memilih supermarket, yang juga kerja sama bareng bank penerbit kartu kredit miliknya. Namanya juga perempuan, paling pinter kumpulin info soal di mana saja kartu kredit miliknya bisa dapat harga khusus.

Selain menguntungkan Diana, pemakaian kartu kredit selama perjalanan dinasnya juga mempermudah tugas divisi keuangan kantornya. Pasalnya, semua biaya sudah tercatat rapi di dalam tagihan kartu kredit. Perusahaannya tinggal membayar apa yang memang menjadi tanggung jawab kantor.

Kartu kredit emang sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Semua bank pasti melengkapi produk kartu kredit mereka dengan fasilitas-fasilitas yang bermanfaat bagi penggunanya.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Jangan cuma ikut-ikutan tren pakai kartu kredit kalau tidak tahu fasilitas-fasilitas apa saja yang bisa bermanfaat buat keseharian kamu. Kalau begitu, kamu buang-buang duit namanya.

Fasilitas-Fasilitas Kartu Kredit yang Bermanfaat

1. Cicilan 0 persen

Buat yang sudah familiar dengan kartu kredit, program cicilan 0 persen pasti jadi salah satu yang paling menarik perhatian. Khususnya buat para gadget (gawai) mania, karena program cicilan ini seringkali berlaku untuk produk gawai.

Baca: Tips Ngambil Cicilan Nol Persen Kartu Kredit

Intinya, total transaksi dibayar dengan cara mengangsur selama beberapa bulan, bahkan tahunan tanpa bunga sama sekali. Eh asal pembayarannya tidak minimum, apalagi menunggak ya!

2. Discount merchant

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Hidup di kota besar dengan kegiatan segudang pastinya mempengaruhi gaya hidup. Contohnya, hang out sepulang kerja di kedai kopi, makan di restoran bareng keluarga saat akhir pekan atau menonton di bioskop sama pacar.

Fasilitas diskon pembelian barang atau jasa di merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit bisa dimanfaatin tuh! Cari info dulu ya, karena besaran diskon beragam tergantung kesepakatan merchant dan bank.

3. Poin rewards

Satu lagi fasilitas yang patut dilirik dari kartu kredit, yaitu poin rewards. Caranya sering-sering bertransaksi di merchant-merchant yang kerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Poin rewards ini semacam imbal balik dari transaksi yang dilakukan.

Dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit, kamu bakal diganjar dengan poin. Nah, poin-poin itu bisa ditukar dengan hadiah-hadiah yang sudah disiapkan oleh phak bank.

4. Cashback belanja

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Para penggila belanja cocok nih sama program cash back kartu kredit. Sebenarnya agak mirip dengan program diskon. Bank akan mengembalikan uang yang biasanya berupa potongan maksimal hingga 25 persen dari total jumlah transaksi.

Baca: Cashback Kartu Kredit Untung atau Buntung?

5. Airport Lounge

Fasilitas ini tampaknya tidak terlalu familiar dan tidak semua pengguna kartu kredit tahu deh. Jadi begini, balik lagi ke fasilitas poin rewards tadi, salah satu hadiah yang bisa didapatkan dari mengumpulkan poin lewat kartu kredit adalah fasilitas airport lounge ini.

Walaupun kita adalah penumpang penerbangan ekonomi, dengan fasilitas ini kita boleh nunggu pesawat di lounge bandara berkelas eksekutif. Sayangnya fasilitas ini tidak berlaku untuk sembarang pemegang kartu kredit. Itupun biasanya hanya berlaku untuk si pemegang kartu kredit dan satu anggota keluarga.

6. Foreign Currency Transaction

Ternyata kartu kredit juga bisa kita gunakan untuk bertransaksi saat berada di negara lain. Tentu saja tagihan kartu kredit akan tetap dalam rupiah.

Tapi, tidak perlu repot-repot bawa uang tunai banyak-banyak ataupun ke money changer sebelum bepergian kan jadinya. Pastikan saja kartu kredit kita dapat digunakan di negara tujuan. Perhatikan juga nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing tersebut.

7. Tarik Tunai/Cash Advance

Tahu tidak kalau kartu kredit bisa berfungsi untuk tarik tunai di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) layaknya kartu debit? Yup, bisa banget, tapi, hati-hati kalau mau menggunakan fasilitas ini, karena ada biaya penarikan yang menyertai.

Baca: Hati-Hati Tarik Tunai Kartu Kredit, Baca Aturan Mainnya dengan Seksama

So, bagaimana? Sekarang sudah semakin tahu apa saja fasilitas kartu kredit yang bisa kamu manfaatkan. Jadi jangan cuma ikut-ikutan mengajukan kartu kredit dan semata-mata punya kartu kredit saja. Kalau emang bisa dimaksimalkan untuk semakin memudahkan aktivitas kamu kenapa tidak, ya kan ya dong!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya