Sosialisasi Empat Pilar Paling Efektif Lewat Kemah

Anggota MPR RI dari Kelompok DPD RI Ghazali Abbas
Sumber :
VIVA.co.id
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan
- Anggota MPR RI dari Kelompok DPD RI Ghazali Abbas, menilai, sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Kemah atau Jambore dengan peserta anggota Pramuka adalah paling efektif dibanding metode  sosialisasi Empat Pilar yang pernah ia ikuti selama ini.

Arzetti Bilbina: Biar Masyarakat Menilai Zaskia Gotik

Senator asal Serambi Mekah ini punya alasan, para peserta, yang semuanya anggota Pramuka Penegak dan Pandega yang terlatih disiplin. "Mereka adalah generasi muda yang terdidik dan punya model kedisiplinan," begitu kata Ghazali Abbas.
Zaskia Gotik Jadi 'Duta Pancasila,' Kok Bisa?


Ghazali Abbas adalah satu-satunya Anggota MPR yang mengikuti seluruh kegiatan Kemah/ Jambore Empat Pilar di Bumi Perkemahan Jatinangor, mulai dari pembukaan hingga  penutupan. Bahkan, mantan Abang Jaharta ini jadi "bintang Jambore." Banyak peserta minta tanda tangan dan foto bersama.


"Anak-anak pramuka ini sudah punya modal, karena mereka memang dididik untuk disiplin," ungkap Ghazali Abbas. Apalagi di sekitar arena pembinaan Pramuka itu, Ghazali Abbas melihat banyak spanduk berisi pesan moral. Dia berharap, pesan moral yang ada di spanduk itu termanifestasi dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan adik-adik Pramuka sebagai generasi muda.


Hanya saja, Ghazali Abbas berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya di selenggarakan di Jawa Barat, melainkan juga diselenggarakan di seluruh Indonesia. Sebab, ini adalah salah satu momentum dalam rangka membina generasi muda akan datang.


"Kita harapkan mereka menjadi generasi emas. Terlepas adanya bela negara, tapi lebih dari itu kegiatan ini memang paling efektif," tutur anggota DPD yang masa mudanya pernah menekuni dunia model ini.


Lelaki yang berewokan dan bercambang ini juga berharap, anggota Pramuka yang mengikuti sosialisasi Empat Pilar ini menjadi teladan dalam masyarakat. "Teladan itu sangat mahal," katanya.


Maka, dengan mengikuti kegiatan pemasyarakatan Empat Pilar ini, mereka menjadi teladan bagi dirinya, bagi keluarga, dan bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Ini harapan kita paling utama sebenarnya," kata Ghazali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya