Jokowi Minta Rakyat Indonesia Tidak Takut Hadapi MEA

jokowi
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi), meminta rakyat Indonesia tidak takut menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mulai Januari 2016 nanti. Presiden Jokowi malah mengklaim, sebenarnya negara lainlah yang takut dengan Indonesia.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher

"Tapi saya sedih kalau ada yang ngeluh apakah kita siap masuk MEA. Sebulan lagi kita baru bisa identifikasi produk yang bisa kita ekspor. Jadi bapak ibu tidak usah ada rasa khawatir," kata Jokowi dalam sambutannya di acara 'Penyerahan Penghargaan Produktivitas Paramakarya Tahun 2015', di Istana Negara, Selasa 24 November 2015.

Untuk itu, Jokowi meminta publik tidak ditakut-takuti terkait kesiapan Indonesia memasuki MEA tersebut. Sebab, negara lain yang justru khawatir diserbu produk-produk asal Indonesia.

"Waktu saya di Malaysia. Ada presiden, perdana menteri dan menteri negara lain yang berbisik, kalau mereka juga takut kemasukan produk kita. Kalau kita yang takut itu keliru, mereka yang takut kita, kok kita jadi takut mereka," kata Jokowi.

Identifikasi barang-barang yang bisa diekspor, lanjut Jokowi, memang belum bisa dilakukan sekarang. Sehingga, dia menugaskan para menterinya untuk melakukan itu.

"Saya bisa ngomong karena saya mulai (usaha) dari pedagang kaki lima (PKL), usaha mikro, belum masuk ke yang besar sudah jadi walikota, gubernur dan sekarang jadi Presiden. Saya tugaskan menteri perdagangan siapkan badan promosi ekspor. Pewarnaan, pengemasan itu tugas dewan penunjang ekpor," jelasnya.

Jokowi mengaku senang, beberapa produk Indonesia sudah mulai ada di negara lain. Seperti kripik singkong sudah masuk ke Korea.

Masakan lain asli Indonesia, seperti rendang, diharapkan oleh Jokowi bisa menjadi andalan Indonesia di MEA.

Presiden Jokowi saat Sosialisasi Tax Amnesty.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi

Deklasi harta atau aset 1.294 peserta dengan akumulasi Rp9,95 triliun.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016