George Kamarullah Raih Penghargaan Lifetime Achievement

George kamarullah
Sumber :
  • Nuvola Gloria/ VIVA

VIVA.co.id - Ada penghargaan khusus yang diberikan bagi sineas yang berjasa dalam perfilman Indonesia saat Malam Puncak FFI 2015 yang digelar di ICE BSD City, Tangerang, semalam. Yakni, Lifetime Achievement yang diberikan kepada sineas senior, George Kamarullah.

Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka

Dia adalah seorang editor sekaligus sinematografer yang berkarir lebih dari 27 tahun pada era 70-an. Tentunya, segala jerih payah, suka dan duka dalam dunia film sudah dia rasakan. "Butuh 27 tahun untuk saya kembali berada di panggung ini. Tak ada jalan pintas untuk mendapatkan penghargaan ini," kata George.

Tentu penghargaan ini bukanlah pertama kali dia dapatkan. "Ini Piala Citra ke tujuh. Seiring berjalannya waktu, memang banyak perubahan dunia film. Kalau dulu ya peralatannya sangat berbeda," ujar penasihat tvOne itu usai FFI digelar.

Mantan aktor dan kameramen ini telah berkiprah sejak tahun 1973 dalam film Cinta Pertama. Pria kelahiran Ambon itu adalah orang pertama yang menggunakan teknik pencahayaan bounching dan kertas kalkir.

Ketua Umum Projo Isyaratkan Mesti Ada Parpol di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Piala Citra pertamanya diraih dengan kategori Penyuntingan Gambar Terbaik dalam film Usia 18 tahun 1980. Dia kembali mendapat Piala Citra dalam film Di Balik Kelambu tahun 1983 dan Ponirah Terpidana tahun 1984.

Dia juga mendapatkan penghargaan kategori Sinematografer Terbaik dari film Doea Tanda Mata tahun 1985, Ibunda tahun 1986 dan Tjoet Nja' Dhien tahun 1988.

(mus)

Ini Deretan Menteri Jokowi yang Hadir di KPU Saksikan Penetapan Prabowo Presiden
Ilustrasi menikah adat Jawa.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Sebuah kisah menarik datang dari seorang MUA yang membagikan momen ketika seorang pengantin kesurupan gegara tidak berziarah kubur sebelum acara pernikahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024