Hati-hati Gunakan Kartu Kredit di Lima Tempat Ini

Ilustrasi Pengguna Kartu Kredit.
Sumber :
VIVA.co.id
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
- Penggunaan kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain menguntungkan karena menawarkan banyak promo, banyak orang lebih memilih menggunakan kartu kredit atau debit ketimbang uang tunai karena lebih aman dari risiko kehilangan atau pencurian.
 
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
Tapi, kejahatan justru berkembang mengikuti pola gaya konsumsi masyarakat. Kartu Anda pun tidak bebas dari intaian para pencuri yang kian canggih. 

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah
Anda tentu masih ingat ketika masyarakat dihebohkan dengan kasus pembobolan kartu kredit yang dilakukan pelajar SMP di Pemalang Jawa Tengah pada awal tahun 2015. 

Nah, agar semakin waspada berikut ini adalah tempat-tempat yang harus Anda hindari jika memakai kartu kredit atau kartu debit:

1. ATM di luar ruangan

Meskipun praktis dan memudahkan, penggunaan kartu debit pada Automated teller Machine (ATM) yang tidak terintegrasi dengan bank atau berada di luar sangat berbahaya. Lantaran tidak terawasi dengan baik, mesin tersebut bisa menjadi sasaran empuk bagi pencuri untuk melakukan skimming. 


Praktik ini adalah adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM atau debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korbannya. 

Caranya dengan menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun debit secara ilegal. Akan lebih aman mengakses ATM di dalam mesin ATM yang berada di outlet ritel (supermarket, department store), mall besar atau kantor.

2. Situs belanja online

Budaya belanja online memang tengah digandrungi masyarakat. Konsumen modern lebih nyaman membeli produk secara online karena lebih praktis, murah dan cepat. Akan tetapi, website adalah salah satu tempat yang menjadi sasaran pencuri kartu kredit. 


Jika tetap ingin melakukan pembelian melalui online disarankan memilih situs belanja yang aman. Cari tahu kemananan situs tersebut dengan bertanya dengan kenalan Anda yang pernah bertransaksi. Solusi kedua adalah melakukan pembelian online dengan memilih sistem Cash On Delivery (COD).

3. Restoran

Tempat yang harus kita hindari jika memakai kartu kredit selanjutnya adalah restoran. Tahu kah Anda, ketika kita makan di sebuah restoran dan bertransaksi menggunakan kartu kredit atau debit, data yang ada akan tersimpan di dalam sistem restoran selama beberapa saat. Meskipun ini sangat bergantung pada etika bisnis tiap-tiap restoran, kecenderungan pihak restoran untuk melindungi data tersebut tergolong rendah 

4. Uji coba software atau konten gratis

Saat ini terdapat banyak layanan uji coba gratis yang memungkinkan Anda menggunakan software atau menonton secara gratis untuk periode waktu tertentu. 


Tawaran ini memang menarik. Namun, disarankan untuk menghindari software atau konten yang mensyaratkan Anda untuk memasukkan informasi kartu kredit Anda. Diduga kuat layanan tersebut merupakan scam yang dapat menguras kartu kredit Anda.

5. Deposit hotel

Sistem deposit biasanya diterapkan oleh hotel-hotel yang memiliki banyak fasilitas seperti sambungan telepon internasional, layanan laundry express, mini bar dan lain lain. Biasanya saat membuka kamar dan melakukan check in, Anda akan dikenakan biaya melebihi harga sewa kamar untuk mencegah agar hotel tidak merugi. 

Untuk kasus seperti ini, sebaiknya Anda mempersiapkan uang tunai jika tidak menginginkan tagihan Anda tidak sesuai dengan perencanaan awal. Bisa saja, Anda tidak sadar menggunakan sejumlah fasilitas hotel yang dibanderol dengan harga mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya