Tantowi Yahya: Saya Lebih Memilih Alutsista Produksi Dalam Negeri

Anggota Komisi I DPR, Tantowi Yahya.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya mengatakan dirinya lebih memilih kepada alutsista produksi dalam negeri.

Israel vs Iran, Mana Lebih Unggul dalam Perlengkapan Militer?

Ia menilai kalau Indonesia sendiri ada ketidak percayaan terhadap produk sendiri, ‎ini akan menjadi kesan yang tidak baik bagi calon pengguna produk-produk alutsista dalam negeri.

"Ibaratnya kita punya restoran tapi yang punya restoran sendiri ngga pernah makan di situ, apalagi kalau dia bilang ga enak, gimana customer mau datang," ujarnya di Senayan, Rabu 25 November 2015.

Polri Siapkan Helikopter Jadi Ambulans Udara saat Arus Mudik, Bisa Turun di 6 Titik

Ia menambahkan, jadi dari Komisi I hanya melihat dari perspektif keberpihakan kepada industri dalam negeri, industri pertahanan, dan industri strategis yang kita sekarang ini sedang gelorakan kembali semangat kita untuk menggunakannya.

"Nah kemudian kita lihat amanat dari UU Pertahanan‎ bahwa kita tuh hanya boleh mengimpor alutsista jika kita tidak bisa memproduksinya sendiri, kalaupun kita mengimpor, juga harus ada kandungan lokal dan transfer of technology, nah ini amanat UU. UU kita buat sendiri, artinya DPR dan pemerintah, ya kita patuhlah dengan UU tersebut," ucap politisi Golkar ini.

Tim SAR Temukan Puing-puing Pesawat Smart Aviation, Terlihat Api Unggun di Sekitar Lokasi

"Rencana pembelian yang dilakukan tidak sesuai dengan semangat UU yang kita sepakati," katanya.

VIVA Militer: Pasukan Divisi Lintas Udara ke-101 Angkatan Darat Amerika Serikat

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Di tahun 2024, lima negara menonjol dengan kekuatan Angkatan Udara mereka. Amerika Serikat masih memimpin daftar tersebut, menunjukkan dominasinya yang tak terbantahkan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024