Fahri Ungkap Ada Dalang di Balik Aksi Sudirman Said

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah
Sumber :

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah mengaku paham atas keadaan yang dialami oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Sudirman Said.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Fahri menilai tindakan Sudirman melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bukan didasari oleh kemauannya pribadi.

"Mungkin saja bukan dari kemauan dari Pak Sudirman pribadi. Memang saya kenal Pak Sudirman ini orang yang polos, nothing to lose," kata Fahri ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 26 November 2015.

Karena itulah, politikus Partai Keadilan Sejahtera ini kemudian menyampaikan karakter polos Sudirman itu kepada Novanto. Juga mengenai informasi bahwa ada yang memanfaatkan ketidaktahuan Sudirman itu.

"Saya juga sudah ngomong dengan Pak Ketua. Pak Ketua, ini ada yang memanfaatkan ketidaktahuan masalah ini, sehingga mendorong dia (Sudirman) untuk melakukan tindakan-tindakan di luar kapasitas dia dan di luar posisi dia sebagai Menteri untuk kepentingan-kepetingan tertentu," tuturnya.

Namun Fahri tidak mengungkapkan siapa dalang yang sedang memanfaatkan Sudirman. Ia menjelaskan bahwa saat ini, di Istana sedang ada pergolakan politik.

"Bisa jadi ada struggle politik di tingkat Istana, saya tidak tahu, maka itulah. Karena Pak Sudirman sendiri terjebak menggunakan kop negara untuk sesuatu yang bersifatnya pribadi," kata Fahri.

Seperti diketahui, MKD akan mulai memanggil pihak-pihak terkait pada pekan depan. Sudirman akan dipanggil pertama karena statusnya sebagai pelapor.

"Kami sudah menyampaikan apa yang bisa disampaikan pada MKD, dan kalau nanti diminta memberikan keterangan tambahan, saya akan hadiri," kata Sudirman. (ase)

Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016