Empat Jenis Limit Pinjaman yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi pinjaman.
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman uang di bank atau lembaga keuangan, baiknya Anda mengetahui limit nominal pinjaman yang ingin Anda ambil.  Alasannya Anda akan mudah berkalkulasi antara dana yang dibutuhkan dengan batas maksimal yang akan diberikan bank atau lembaga peminjam. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Mengetahui batas pinjaman juga akan memberikan informasi mana pinjaman yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
1. Kredit tanpa agunan (KTA)

KTA adalah kredit yang tidak menyertakan agunan atau jaminan ketika melakukan pinjaman. Bagi Anda yang tidak memiliki agunan, pinjaman jenis ini cocok untuk untuk Anda. Perlu diketahui karena tidak perlu jaminan, batas pinjaman KTA tidak terlalu besar akibat bank tidak mau mengambil resiko. 

Untuk KTA limit pinjaman tergantung kebijakan bank bersangkutan dan variatif mulai dari Rp3 juta hingga maksimal Rp200 juta. Batas maksimum pinjaman dilihat dari slip gaji atau limit kartu kredit. 

Biasanya nasabah diberi batas pinjaman maksimal lima kali gaji.  Jadi kalau gaji Anda Rp 3 juta, maka Anda bisa mendapatkan Rp 15 juta. 


2. Kredit multiguna (KMG)

Kredit multiguna harus menyertakan jaminan aset berharga ke bank, misalnya sertifikat tanah, kendaraan, atau rumah untuk mendapatkan pinjaman. Untuk mencairkan kredit butuh 14 hari karena bank membutuhkan waktu mengecek aset tersebut, sehingga kredit jenis ini tidak cocok untuk Anda yang butuh pinjaman cepat.

Biasanya batas pinjaman KMG maksimal sebesar Rp2 miliar-Rp5 miliar, tergantung aset yang Anda jaminkan. Tempo peminjaman antara 1-10 tahun tahun. Bila Anda gagal bayar maka jaminan akan menjadi milik bank atau milik lembaga keuangan yang meminjamkan uang.


3. Kartu kredit

Meskipun lebih popular dibanding pinjaman lain, batas pinjaman yang bisa Anda dapatkan tidak begitu besar, karena disesuaikan dengan penghasilan yaitu tiga kali gaji Anda. Jadi bila Anda memiliki gaji Rp3 juta, maka limit pinjaman kartu kredit adalah Rp9 juta setiap bulannya. 

Selain itu Anda harus membayar tagihan setiap bulan, jadi tenor pinjamannya cukup pendek dibanding pinjaman lain. Pinjaman dengan kartu kredit lebih cocok untuk kebutuhan bulanan dibanding untuk modal usaha karena tenornya terlalu pendek.


4. Kredit usaha rakyat (KUR)

Jika Anda membutuhkan modal dan ingin mengembangkan usaha, mungkin Anda cocok mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) pada bank yang menjadi pelaksana KUR. 

Batas maksimal KUR ialah sebesar Rp25 juta untuk mengurangi rasio kredit bermasalan (Non performing loan/NPL). Sebelumnya batas pinjaman KUR sempat mencapai Rp500 juta dan sayangnya lebih sering dimanfaatkan oleh orang yang mampu.

Kalau  kamu masih membutuhkan modal berbisnis, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!

Suka artikel ini? Baca ratusan artikel finansial menarik lainnya di sini!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya