Bantu UKM, XL Investasi Rp500 Miliar

XL Axiata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan DigiBiz, sebuah layanan khusus bisnis untuk para pelaku‎ Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Layanan yang berbentuk platform digital ini diklaim dapat membantu pengembangan UKM.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur & CEO XL, Dian Siswarini, mengatakan saat ini Indonesia terus dirundung pelemahan ekonomi. Ia menilai dengan keberadaan UKM, itu bisa membuat ekonomi Indonesia kuat kembali.

"Kekuatan UKM bisa ditunjang guna mengeluarkan situasi yang tidak menguntungkan ini. Saat ini ada sekitar 55 juta pelaku UKM yang bisa kita manfaatkan," ujarnya di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa, 2 Desember 2015.

Disebutkan, DigiBiz memungkinkan pelaku usaha untuk memulai bisnis dan mengembangkan bisnisnya. Pengusaha dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan teknologi yang disediakan oleh XL.

Dian mengemukakan, pihaknya tak main-main dalam menggarap pasar solusi bagi UKM ini. XL menanam investasi kurang lebih setengah triliun rupiah yang dialokasikan untuk mengembangkan DigiBiz sebagai solusi bagi kalangan UKM.

"Kita tidak main-main karena dalam tiga tahun ke depan kita sudah menyisihkan investasi sebesar Rp500 miliar‎," ucapnya.

Untuk itu, disampaikan Dian, DigiBiz dapat menggaet setidaknya 20 ribu pelaku UKM hingga akhir tahun depan. Dalam‎ mencapai target tersebut, XL merangkul kalangan perbankan, lembaga jasa keuangan, serta komunitas UKM, salah satunya yaitu Komunitas Tangan di Atas (TDA). Saat ini, TDA beranggotakan kurang lebih 10 ribu pelaku UKM yang tersebar di seluruh daerah Indonesia.

"Solusi DigiBiz ini ditunjukkan untuk UKM maka harganya juga sesuai dengan kantong pelaku UKM. XL menyediakan paket beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan UKM, mulai dari paket simpel hingga yang lengkap," ungkap Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan.

DigiBiz sekarang sudah bisa dinikmati dengan mengunduh secara gratis di Play Store bagi pengguna Android.

Lima Penyebab Bisnis Berskala UKM Bangkrut
Perawatan BTS 4G.

XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE

Teknologi tersebut yaitu 4T4R dan IP Multimedia Subsystem (IMS).

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016