Eks Bos Android Siap Bikin Perusahaan Smartphone Android

Andy Rubin
Sumber :

VIVA.co.id - Persaingan perangkat Android bakal makin ramai. Pasar sistem operasi ini bakal kedatangan pemain baru. Salah satu pendiri Android, Andy Rubin mengungkapkan akan kembali ke dunia Android, dengan mendirikan perusahaan yang akan memproduksi perangkat Android.

Diketahui, pada Oktober tahun lalu, Rubin berhenti sebagai karyawan Google dan melepas nahkoda untuk Android. Begitu lengser sebagai bos Android tahun lalu, Rubin memilih untuk mengembangkan perusahaan inkubator teknologi Playground Global.

Mengutip laporan The Information, laman Engadget, Kamis 3 Desember 2015, Rubin mencoba merekrut banyak orang untuk mengembangkan perusahaan ponsel pintar baru tersebut. Perusahaan ini, nantinya bakal disokong oleh Playground Global.

Soal peran Rubin dalam perusahaan baru nanti masih belum diketahui. Apakah mantan bos Android itu akan berperan sebagai penasehat, atau mengambil peran sebagai manajer operasi perusahaan.

Nyaris Semiliar Ponsel Android Terancam Malware Baru

Namun demikian, mengingat pengalaman luasnya membesut Android, 'sentuhan' Rubin diprediksikan bakal berharga bagi pengembangan perusahaan baru tersebut.

Laman Android Headlines juga menuliskan tantangan yang bakal dihadapi Rubin, dengan perusahaan barunya nanti. Tantangannya, yaitu bagaimana bisa menarik perhatian pasar perangkat Android. Sebab, diketahui pasar perangkat mobile ini tengah jenuh.

Kondisi peta pasar berbeda dengan beberapa tahun, saat Rubin masih menahkodai Android.

Android Headlines mengatakan, Rubin harus memberikan inovasi dan sentuhan lain agar perangkat Android besutan perusahaannya bisa laku dan direspons pasar.

Ada kemungkinan Rubin bakal mengikuti strategi perusahaan perangkat yang mengambil model langsung ke menyasar ke pelanggan seperti yang dilakukan oleh OnePlus atau Motorola.

Opsi lain, bisa mengikuti inovasi Nexbit, yang mana awalnya fokus pada komputasi awan, tetapi kemudian menghasilkan perangkat dengan menawarkan berbeda penyimpanan yang besar berbasis komputasi awan. (asp)

Ilustrasi ransomware/malware.

Google: Pengguna Android Aman dari Quadrooter

Quadrooter dinilai tak akan jadi masalah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016