Ilmuwan Temukan Cara Baru Sembuhkan Diabetes Tipe 2

Ilustrasi tes kadar gula dalam darah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Menu Sarapan untuk Anak Penderita Diabetes
- Penyakit diabetes dianggap sebagai salah satu penyakit kronis. Kondisi ini tidak memiliki obat penyembuh sampai sekarang. Namun ternyata ilmuwan menemukan terobosan baru untuk menyembuhkan diabetes, khususnya tipe 2.

Dokter Filipina Temukan Obat Diabetes dalam 5 Menit

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang diakibatkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Menurut para ilmuwan, kondisi dan pola makan yang tidak sehat kerap membuat manusia mengalami kegemukan dan memicu timbulnya diabetes. Diabetes ini pun muncul akibat menumpuknya lemak di pankreas.
Penderita Diabetes, Ditemukan Pil Pengganti Suntik Insulin


Dilansir melalui
IB Times UK
, Kamis, 3 Desember 2015, studi terbaru menunjukkan jika diabetes tipe 2 ternyata tidak terlalu kronis dan bisa disembuhkan. Caranya adalah dengan mengurangi berat badan. Ini sangat berpotensi dilakukan oleh mereka yang mengalami diabetes tipe 2 akibat obesitas.


"Studi ini menunjukkan jika penambahan berat badan akan memicu diabetes. Oleh karena itu, menurunkan berat badan sampai mencapai ukuran ideal bisa membebaskan seseorang dari diabetes dan ketergantungan terhadap insulin," ujar Naveed Sattar, profesor jurusan Metabolic Medicine, University of Glasgow.


Bahkan, lanjut Naveed, tidak hanya menghilangkan diabetes dalam tubuh, pengurangan berat badan juga akan membuat manusia menjadi lebih aktif secara fisik.


"Penelitian yang kami lakukan juga menunjukkan jika meningkatnya jumlah lemak pada pankreas sangat berhubungan dengan hadirnya diabetes tipe 2 di tubuh pasien," ujar Profesor Roy Taylor, dari pusat riset Diabetes Newcastle University. Dia mengaku telah melakukan riset ini selama bertahun-tahun.


Menurut dia, penurunan jumlah lemak pada pankreas, hanya akan berkhasiat pada mereka yang memiliki penyakit diabetes tipe 2.


"Bagi mereka yang memiliki diabetes tipe 2, mengurangi berat badan artinya adalah mengurangi kelebihan lemak pada pankreas. Ini akan membuat fungsi pankreas kembali normal, khususnya dalam memproduksi insulin," ujar Taylor.


Untuk jumlah lemak yang harus dikurangi, Taylor mengatakan jika hal itu bergantung pada jumlah yang ada di pankreas.


"Jika ditanya seberapa banyak berat badan yang harus dikurangi untuk membuat diabetes menghilang, jawabannya adalah hanya satu gram. Namun satu gram ini haruslah pengurangan pada lemak yang ada di pankreas," papar Taylor.


Ditegaskan Dr. Alasdair Rankin dari lembaga Diabetes UK, studi ini sangat penting bagi industri kesehatan. Artinya, ada ikatan antara jumlah lemak di pankreas dengan diabetes tipe 2.


"Sekali lagi, ini menegaskan betapa pentingnya mengurangi berat badan dengan cara yang sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit, tidak hanya diabetes tapi penyakit lain. Penurunan berat badan ini bisa didapat melalui diet sehat atau melalui operasi," ujar Rankin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya