Orangtua di India Ramai-ramai Celupkan Anak ke Kotoran Sapi

Kotoran sapi
Sumber :
  • Mirror

VIVA.co.id - India terkenal dengan tradisi adat yang unik-unik dan sudah mereka jaga dari satu generasi ke generasi berikutnya. Salah satunya tradisi ‘mencelupkan’ anak berumur satu tahun ke dalam tumpukan kotoran sapi.
 
Kotoran sapi dipercaya akan membawa keberuntungan dan membuat si anak bebas dari penyakit. Tradisi selama berabad yang tak pernah dibantah itu dianut oleh penduduk di sebuah desa kecil bernama Betul, di Madhya pradish, India.
 
Seperti dilansir Mirror, Jumat, 4 Desember 2015, tradisi mencelupkan anak di kotoran sapi, biasa dilakukan sehari setelah perayaan Diwali. Diwali merupakan festival terbesar di India dan dikenal juga dengan nama festival lampu.
 
Selama berminggu-minggu, penduduk desa mengumpulkan kotoran sapi di satu tempat dan menyimpannya dalam tumpukan besar. Lalu, di pagi hari, setelah tumpukan kotoran sapi dijampi dengan doa-doa untuk dewa-dewa Hindu.

Belum Bayar Utang Rp30 Ribu, Suami Istri Dibunuh

Para orangtua mulai mencelupkan anak mereka satu persatu secara bergiliran. Prosesi berlangsung dari pagi hingga sore hari, hingga semua anak mendapat kesempatan, yang mereka namakan ‘dip suci’.
 
Warga yang mencelupkan anaknya dalam kotoran tersebut berharap agar kelak keberuntungan akan menyertai anak-anak mereka karena telah mendapat berkah dari kotoran hewan suci.

Sapi bagi sebagian besar warga India dianggap sebagai hewan yang suci. Banyak pengkhotbah Hindu percaya bahwa urin dan kotoran sapi memiliki kandungan obat dan berkhasiat. (ase)

Warga India selfie bareng singa

Selfie di Depan Singa, Denda Rp3 Juta

Padahal sudah ada larangan. Tetap saja ada yang nekat.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016