Lima Kesalahan dalam Menerapkan Tabir Surya

Ilustrasi sunblock.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan
- Tabir surya merupakan bagian penting dari kecantikan. Sebab tabir surya dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari. 

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial
Tabir surya dapat menawarkan perlindungan penuh untuk kulit, asalkan Anda tidak melakukan kesalahan dalam menerapkan tabir surya. Berikut ini, beberapa kesalahan umum dalam menerapkan tabir surya dilansir Boldsky.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Meninggalkan area lain

Terlepas dari menerapkan tabir surya pada wajah Anda, Anda tidak harus mengabaikan daerah lain. Oleskan tabir surya di bagian belakang leher Anda, atas telinga, dan tangan. Sebab daerah-daerah tubuh tersebut sering terpapar sinar matahari yang keras.

Memakai kualitas yang kurang baik

Kesalahan lain dalam penerapan tabir surya adalah bahwa kita mencari harga murah namun tidak memperhatikan kualitasnya.  Anda harus menerapkan tabir surya yang memiliki spektrum lebih luas.

Sebab hal tersebut dapat menawarkan perlindungan tidak hanya dari sinar UV matahari, tetapi menjaga dari semua jenis berbahaya lainnya dari pancaran sinar matahari.

Tidak mengerti SPF

Terkadang orang-orang pada umumnya suka memilih tabir surya dengan kadar SPF yang setinggi-tingginya karena menganggap makin tinggi kadarnya, maka perlindungan yang mereka dapat akan lebih maksimal. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

SPF berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet B (UVB), yaitu kulit terbakar, menghitam, dan kanker kulit. Namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sinar ultraviolet A (UVA) juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit dan menyebabkan keriput, meski tidak bisa membuat kulit terbakar.

Pilih tabir surya dengan kadar SPF 15 atau lebih. Kadar tersebut menunjukkan seberapa efektif tabir surya mencegah kulit Anda terbakar akibat sinar UVB. Contohnya jika kulit Anda akan terbakar dalam waktu 10 menit.

Bergantung pada make-up 

Ini adalah kesalahan dalam penerapan tabir surya untuk dihindari. Beberapa produk make-up seperti foundation sering mengklaim bahwa mereka mengandung SPF.

Namun, untuk mendapatkan perlindungan lebih, foundation kurang tepat untuk melindungi wajah dari sinar matahari karena hanya bertahan beberapa jam. Jadi jangan mengandalkan make-up SPF, bila Anda ingin menerapkan make-up.

Tidak menerapkan berulang kali

Anda bisa mengoleskan kembali tabir surya tiap tiga jam sekali. Selain itu, gunakan tabir surya ketika Anda lebih sering berkeringat atau sedang berenang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya