Bangun 9 Pelabuhan Kecil, Pelindo III Harap Tambahan Modal

Fasilitas bongkar muat di Pelindo III, Surabaya.
Sumber :
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo III berusaha mendapatkan tambahan modal dari Penyertaan Modal Negara (PMN). Perusahaan pelat merah ini ingin membangun pelabuhan-pelabuhan kecil.

Pemerintah Bakal Mudahkan Swasta Bangun Pelabuhan
Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, mengatakan akan membangun sembilan pelabuhan kecil, seperti Pelabuhan Kalabahu, Waingapu, Bima, dan Kotabaru. Djarwo mengatakan bahwa pelabuhan-pelabuhan ini tidak bankable sehingga Pelindo III tak bisa mendapatkan pinjaman dana dari bank untuk membangun.

Sudah Saatnya Kapal Pelni Pakai e-Ticketing
"Artinya, saya harus mengumpulkan uang dulu. Dari mana? Dari kegiatan yang sudah berjalan duluan. Artinya apa? Pelabuhan ini, kan, harus menunggu. Tapi, sampai kapan. Makanya diusahakan dapat PMN," kata dia di sela-sela acara Forum Humas di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis 10 Desember 2015.

Sekadar informasi, Pelindo III mengajukan usulan dana PMN sebesar Rp1 triliun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Milik Negara (APBN) 2016. Namun, pencairan dana ini ditahan.

Djarwo melanjutkan, dengan dana PMN Rp1 triliun, pihaknya ingin agar pelabuhan-pelabuhan tersebut bisa lekas dibangun. Pelabuhan-pelabuhan itu juga diyakini bisa menggerakkan perekonomian daerah setempat.

"Kalau pelabuhan ini cepat dibangun, konektivitasnya semakin baik. Itu juga akan men-trigger kegiatan ekonomi yang lain," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya