Bangun 25 Pelabuhan, Pelindo III Butuh Rp20 Triliun

Dirut Pelindo III Djarwo Surjanto (kanan).
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji (Surabaya)
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menganggarkan dana Rp20 triliun untuk membangun puluhan pelabuhan miliknya di Indonesia sampai lima tahun ke depan. Mayoritas pendanaan itu berasal dari pinjaman.

Pemerintah Bakal Mudahkan Swasta Bangun Pelabuhan
"(Porsinya) 60 persen sampai 70 persen. Tadi, kan, perlunya Rp20 triliun. Yang Rp5 triliun dari dalam dan Rp15 triliun dari luar," kata Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, dalam acara Forum BUMN, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis, 10 Desember 2015.

Forum Pendamping Dana Desa Tuding Ada Politisasi Rekrutmen
Djarwo mengatakan, Pelindo III punya 43 pelabuhan namun yang akan dibangun dengan dana Rp20 triliun sebanyak 25 pelabuhan. Beberapa pelabuhan yang hendak dibangun Pelindo III adalah pelabuhan Bima, Kupang, dan Dumai.

"Pelabuhan-pelabuhan itu kita perbaiki konektivitasnya dengan harapan kegiatan ekonominya bisa lebih tumbuh," kata dia.

Seperti yang diketahui, Pelindo III berharap mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN). Sekadar informasi, Pelindo III mengusulkan suntikan modal sebesar Rp1 triliun untuk perseroan. Dana ini bertujuan untuk membangun sembilan pelabuhan, seperti Dumai dan Bima.

"Artinya, saya harus mengumpulkan uang dulu. Dari mana? Dari kegiatan yang sudah berjalan duluan. Artinya apa? Pelabuhan ini, kan, harus menunggu. Tapi, sampai kapan. Makanya diusahakan dapat PMN," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya