Baidu dan Samsung Ikut Bikin Mobil Robot

Mobil prototipe Google yang bisa jalan sendiri.
Sumber :
  • www.wallstreetjournal.com
VIVA.co.id
Lajunya Lambat, Mobil Google Disetop Polisi
- Penciptaan
self-driving car
Perusahaan Misterius Milik China akan Bangun Mobil Pintar
atau mobil robot memang menjadi salah satu fokus Google saat ini. Namun jangan kira Google akan sendiri. Beberapa perusahaan teknologi lain mengaku berencana membuat mobil serupa.
Mobil Otonom Google Kembali Alami Kecelakaan

Tidak hanya Apple yang dikabarkan akan menantang Google membuat mobil robot. Baru-baru ini perusahaan teknologi Asia, Baidu dan Samsung juga mengumumkan niat mereka terjun ke industri tersebut.


Samsung mengumumkan bahwa perusahaannya telah membuat tim baru untuk mengembangkan bisnis komponen mobil, khususnya membuat teknologi kendaraan robot yang dilengkapi sistem hiburan. Baidu pun mengungkapkan rencana ambisiusnya untuk membuat bus robot yang digadang akan bisa menggantikan bentuk tradisional transportasi publik. Demikian dilansir dari
Daily Mail
, Jumat, 11 Desember 2015.


Sebelumnya, rumor yang berhembus, Apple sedang mengembangkan mobil listrik, lengkap dengan sistem robotika, yang diberi nama Titan. Mobil itu akan siap berada di jalanan pada 2019 nanti. Apple bahkan telah mengembangkan
software
untuk produsen mobil yang diberi nama CarPlay.
Software
tersebut memungkinkan mobil terhubung dengan iPhone dan bisa mengoperasikan sistem hiburan di dalamnya secara remote.


Samsung dikabarkan akan membuat
software
serupa namun yang menjadi fokusnya sekarang adalah membuat
chip
yang bisa disematkan pada kendaraan robot. Mereka berharap keuntungan dari lini bisnis baru ini akan membantu mendongkrak pendapatan dari
smartphone
.


Pengumuman Samsung ini secara tidak langsung menjelaskan bahwa perusahaan tidak kapok untuk masuk ke dalam bisnis otomotif. Perusahaan asal Korea ini pernah mendirikan Samsung Motor pada 1995. Unit bisnis itu kemudian dijual ke perusahaan otomotif Prancis pada 1999 karena terancam bangkrut akibat krisis ekonomi 1997.


Di Samsung, unit bisnis baru ini akan dikepalai oleh Park Jong-Hwan, mantan penanggung jawab produksi untuk Samsung Home Appliances.


Baidu dilaporkan telah siap dengan lini bisnis baru ini. Bahkan mereka telah melakukan uji coba kendaraan robot dengan kecepatan 100 kilometer per jam. Dalam hal ini Baidu mengaku sedang melakukan diskusi dengan beberapa produsen mobil, baik dari China maupun dari luar.


"Kami akan bekerja sama juga dengan beberapa pemerintahan untuk menyediakan kendaraan yang bisa digunakan bersama, mirip seperti layanan bus shuttle. Bentuknya bisa mobil atau van, yang digunakan untuk publik," ujar Senior Vice Presiden Baidu, Wang Jing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya