Ini Keunggulan Pelumas Baru Pertamina Lubricants

Pelumas Pertamina, Meditran SX Bio
Sumber :
  • Arie Dwibudiawati/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- PT Pertamina lewat anak usahanya, PT Pertamina Lubricants, meluncurkan produk pelumas baru, Meditran SX Bio. Pelumas ini ditujukan bagi mesin dan kendaraan berbahan bakar biodiesel.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Perusahaan pelat merah mengklaim Pertamina merupakan produsen pelumas untuk kendaraan yang mengonsumsi biodiesel.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
Presiden Direktur Pertamina Lubricants, Gigih Wahyu Hari Irianto, mengatakan, pemerintah memang memberi mandatori solar untuk transportasi harus dicampur dengan biodiesel.

"Kemudian, Pertamina dengan research and development menciptakan pelumas biodiesel. Ini satu-satunya formula yang ada di dunia. Belum ada produsen lain yang bisa menciptakan pelumas untuk minyak diesel," kata Gigih di Pertamina Lubricants, Jakarta, Jumat 11 Desember 2015.

Dia mengatakan bahwa biodiesel memang punya efek negatif, yaitu merusak mesin. Untuk itu, dibutuhkan pelumas khusus untuk mesin kendaraan yang mengonsumsi biodiesel. "Kalau sudah pakai biodiesel untuk kendaraan transportasi, pakailah pelumas biodiesel," ujar Gigih.

Sekadar informasi, Meditran SX Bio ini didesain khusus untuk mesin berbahan bakar biodiesel, khususnya biodiesel 20 persen. Pelumas ini dirancang agar memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap degradasi akibat kontaminasi FAME ke dalam pelumas.

Varian yang akan diluncurkan utamanya adalah untuk kendaraan penumpang. Namun, segera menyusul varian Meditran SX Bio untuk kendaraan komersial (bus dan truk) serta mesin-mesin industri.

Keunggulan produk ini antara lain dapat membantu memperpanjang usia mesin dan masa penggunaan pelumas yang lebih lama. Dalam engine test dengan simulasi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas, Meditran SX Bio memberikan performance yang superior dibandingkan pelumas biasa, dalam kemampuan bertahan dari kerusakan dan dalam melindungi mesin.

Kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas dapat terjadi dari kontak condensed combustion gas dengan pelumas, fraksi FAME yang tidak terbakar atau akibat kerusakan fuel injector.

Lalu, berapa harganya? Gigih mengatakan bahwa produk pelumas ini dikemas dalam dua ukuran, yaitu kemasan satu liter dan kemasan lima liter. Pelumas Meditran SX Bio kemasan 1 liter dibanderol dengan harga Rp55.000, sedangkan yang lima liter seharga Rp250.000.

"Usage-nya lebih bagus. Jadi, kami mengimbau untuk menggunakan (pelumas) ini," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya