BEI Gagal Capai Target Emiten

Aktivitas di Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia, Samsul Hidayat, mengatakan pada 2016 menargetkan ada 35 emiten baru. 

Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
Pihak bursa berharap perekonomian Indonesia tahun depan lebih baik dari tahun ini sehingga perusahaan dapat mempercayakan pasar modal menjadi alternatif pembiayaan.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
"Mudah-mudahan dengan situasi makro ekonomi yang lebih baik dan harapan investor terhadap ekonomi Indonesia lebih baik, sehingga banyak perusahaan yang menggunakan pasar modal sebagai media perolehan dana," ujarnya, saat ditemui di Gedung BEI, Jumat, 11 Desember 2015.

Pada era kepemimpinan Ito Warsito, BEI menargetkan emiten baru hingga akhir tahun ini sebanyak 35 emiten. Sementara di kepemimpinan Tito Sulistio menargetkan 22 emiten di tahun ini. Namun, hingga saat ini perusahaan yang baru listing di lantai bursa baru mencapai 18 emiten.

BEI dinilai sulit untuk mencapai target 22 emiten baru. Sebab, satu dari dua calon emiten yang telah mendapat izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunda pelaksanaan pencatata saham perdananya pada tahun 2016. 

"Memang kurang dari target yang kami rencanakan pada awal tahun. Mengingat kondisi saat ini ada emiten yang sudah masuk kemudian mundur. Umumnya karena kurang mendapat respons yang kurang produktif dari investor," tuturnya.

Namum, Samsul tetap yakin hingga akhir tahun ini akan ada 20 hinga 21 emiten baru. "Sampai akhir tahun ini 20 atau 21 emiten baru," ucapnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya