Disebut Populer, Menteri Susi: Tidak Ada Untungnya

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Antara/Joko Sulistyo
VIVA.co.id
Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan
- Hasil survei evaluasi publik untuk satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)- Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dilakukan Poltracking Indonesia, berdasarkan popularitas dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja 34 menteri Kabinet Kerja, menempatkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berada di urutan paling atas.

PPP: Menteri Baru Jokowi Pemain Veteran
Menanggapi hal ini, Susi pun enggan jemawa. Bahkan, Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation ini menganggap, predikat tersebut tidak akan memberikan keuntungan sedikitpun kepada dirinya.

Menanti Gebrakan Menteri Baru Ekonomi
"Saya tidak merasa seperti itu. Menjadi populer tidak ada benefit-nya bagi saya. Kalau artis, makin populer makin mahal. Kalau saya populer, makin dikejar wartawan, makin dicari," ujar Susi saat ditemui dikantornya, Jakarta, Jumat, 11 Desember 2015.

Susi menjelaskan, kinerja KKP yang dianggap positif oleh masyarakat dalam satu tahun terakhir merupakan salah satu mandat yang ditugaskan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini terbukti bukan hanya dari survei, melainkan dari data-data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"Ada yang bilang, ini rezimnya Susi. Saya masuk KKP karena dipercaya Presiden untuk membawa perubahan. Membangun paradigma kejayaan bahari kita. Angka BPS membuktikannya. Kita memimpin," kata dia.

Oleh karena itu, ia mengapresiasi seluruh kinerja jajaran pejabatnya di lingkungan kementerian. Menurut dia, prestasi yang diraih KKP dalam setahun terakhir akan dijadikan acuan untuk menjadi lebih baik kedepannya.

"Terima kasih atas dukungan semuanya. Kreativitas dan kerja kerasnya. Ini bikin kegembiraan. Angka BPS itu mewujudkan prestasi kita. Tidak pakai simsalabim. Pakai sembilan jam sehari, 12 jam sehari, bahkan Sabtu-Minggu," tutur dia.

Sekadar informasi, dari hasil survei Poltracking Indonesia, disimpulkan bahwa meskipun banyak menteri yang belum terlalu dikenal publik, namun ada beberapa menteri yang sanggup menjawab tantangan dan berada di peringkat atas.

Di antaranya, Susi Pudjiastuti (63,79 persen), Anies Baswedan (49,47 persen), Lukman Hakim Saifuddin (46,42 persen), Khofifah Indar Parawansa (46,11 persen), dan Puan Maharani (44,21 persen).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya