30 Ikon Kuliner Dipamerkan di Festival Makanan Nusantara

Pemandangan Kota Balikpapan malam hari.
Sumber :
  • www.balikpapan.go.id

VIVA.co.id - Kementerian Pariwisata akan menggelar Festival Makanan Nusantara 2015 dalam pekan wisata kuliner nasional dan regional di BSSC Dome, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12-13 Desember 2015.

Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital

Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya, mengatakan, wisata kuliner merupakan salah satu andalan pariwisata di Indonesia.

Eksistensinya bisa terdengar di seluruh pelosok bila itu dipromosikan dengan baik. "Karena itu, kami berharap festival ini selain bisa memperluas wawasan kuliner masyarakat, juga diminati oleh kalangan wisatawan nusantara dan mancanegara," ujar Raseno kepada VIVA.co.id, Jumat 11 Desember 2015.

Raseno juga menyatakan, hadirnya program 30 ikon kuliner tradisional Indonesia (IKTI) merupakan landasan yang kuat dalam pengembangan kuliner Indonesia ke depannya. Upaya ini diharapkan agar tiap daerah harus mengembangkan kuliner di daerah mereka dengan menggandeng beberapa pemangku kepentingan (stakeholder).

"Daerah harus bersama-sama dengan sejumlah stakeholder terkait mendorong wisata kuliner di daerah mereka, agar bisa maju dan menarik kunjungan wisatawan mancanegara," kata Raseno.

Untuk itu, festival yang disinergikan dengan Balikpapan Youth Festival dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Balikpapan itu menyajikan berbagai kuliner seperti aneka olahan kepiting, bingka, amplang, bakpia, mantau, dan lain-lain. Kemudian, ada juga acara lomba kreasi nasi bakar berbahan dasar ikan laut.

Raseno juga berharap, lewat festival itu bisa membantu target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019.

"Kalimantan Timur, khususnya kota Balikpapan hingga Oktober sudah 1,99 juta orang dari target 2,25 juta orang. Untuk 2016 nanti, ditargetkan 2,5 juta orang," kata dia.

Suasana Pasar Senggol di Summarecon Mall Bekasi.

Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol

Event digelar 28 Maret sampai 28 April 2019 di Summarecon Mall Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2019