Ini Wajah Baru SPBU Pertamina

Ilustrasi SPBU pasti pas.
Sumber :
  • Arie Dwi Budiawati/VIVA.co.id

VIVA.co.id - PT Pertamina mengubah "wajah" Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Pertamina mengusung konsep beyond fuel di SPBU barunya.

Aprindo Jelaskan Soal Minimarket Mainkan Harga

Perusahaan pelat merah ini menggelontorkan dana ratusan juta rupiah untuk mengubah konsep SPBU Pasti Pas menjadi SPBU Pasti Prima.

"Konsep beyond fuel berupa pelayanan non-fuel retail, pelayanan energi terpadu dan layanan digital untuk kenyamanan konsumen," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, di SPBU Lenteng Agung, Jakarta, Jumat 11 Desember 2015.
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?

Menurut dia, dari sisi fisik SPBU, Pertamina mengubah tampilan dari warna yang dominan merah/putih, menjadi warna merah, hijau, dan biru.
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Warna merah melambangkan semangat, kerja keras, dan keberanian, warna biru melambangkan perusahaan yang terpercaya, punya kekuatan, dan otoritas yang kokoh, serta warna hijau melambangkan usaha mengelola dan mencari energi alternatif yang ramah dan bersahabat bagi lingkungan.

Ahmad mengatakan, konsep SPBU ini juga memadukan gaya hidup (lifestyle). Pertamina akan menyajikan non-fuel retail yang lebih dinamis dan beragam, pelayanan energi berupa elpiji, pelumas, air, dan nitrogen, memberikan reward kepada pelanggan setia, serta memanfaatkan teknologi digital sebagai media interaksi dengan pelanggan.

Pada tahap pertama, tujuh SPBU Pasti Prima telah diluncurkan hari ini, meliputi enam SPBU COCO Lenteng Agung, MT Haryono, Kuningan, Bumi Serpong Damai, Abdul Muis, Fatmawati dan satu SPBU DODO di Hang Lekir.

Investasi yang digelontorkan Pertamina untuk mengubah tampilan SPBU-nya pun di bawah Rp200 juta. "Investasinya Rp150 juta per SPBU," kata dia.

Kerja sama dengan ritel

Pertamina juga menyepakati kerja sama dengan MAP Group untuk pengembangan restoran dan layanan cepat saji di SPBU. MAP Group adalah perusahaan ritel yang memiliki lebih dari 100 merek ternama dari pakaian, alat-alat olahraga sampai makanan, beberapa di antaranya adalah merek ternama seperti Starbucks, Burger King, dan Domino Pizza.

Pertamina juga menggandeng Es Teler 77 sebagai salah satu mitra bisnis non fuel retail di SPBU Prima Lenteng Agung. Es Teler 77 mengembangkan konsep Pulstop 77 yang menyajikan konsep desain retro-automotive unik yang sesuai dengan karakter konsumen SPBU, nyaman untuk seluruh pelanggan serta dilengkapi fasilitas ramah lingkungan.

Anak perusahaan Pertamina, PT Pertamina Retail yang mengoperasikan 374 Bright Store, hari ini juga menyepakati kerja sama dengan dua BUMN, lain yaitu Bulog dan Pos Indonesia. Bright Store, yang kebanyakan berlokasi di SPBU Pertamina akan mulai menyediakan produk Bulog serta jasa pengiriman Pos Indonesia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya