12-12-1917: Kereta Terbakar, Ratusan Tentara Prancis Tewas

Tentara Inggris Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin
Sumber :
  • REUTERS/Luke MacGregor
VIVA.co.id
Hollande Adakan Pertemuan dengan Pemuka Agama
-  Sebuah kereta Prancis mengalami kecelakaan karena kelebihan muatan. Diperkirakan lebih dari 500 tentara Perancis tewas pada kecelakaan yang terjadi di Mondane, 12 Desember 1917.

Belgia Ungkap Pengakuan Sebenarnya Pelaku Bom Brussels

Dikutip dari
Spanyol-Prancis Terlibat 'Perang' Bisnis Anggur
The History, pasukan tentara itu sedang menuju kembali ke daerah asal mereka seusai Perang Dunia I di Italia. Saat itu, petugas sudah menyampaikan peringatan, cuaca sedang tak ramah dan kereta mulai kelebihan muatan. Namun, keinginan merayakan natal bersama keluarga membuat sebagian besar tentara memaksa agar mereka diizinkan ikut dalam kereta tersebut. Para tentara ini juga meminta agar kereta segera berangkat sesuai jadwal.


Sekitar 1.000 tentara, beberapa sumber mengatakan bisa lebih dari 1.200 tentara Prancis itu bertujuan ke kampung halaman mereka di Turin, Alpen, dan Lyon.


Bahkan salah seorang tentara sempat menodongkan senjata dan mengancam petugas agar dirinya tetap bisa diangkut. Tak kuat mengalami desakan dan tekanan, petugas kereta api terpaksa mengizinkan para tentara yang baru usai perang itu ikut menumpang kereta.


Kereta yang kelebihan beban itu lalu berangkat. Namun, ketika kereta keluar dari terowongan Gunung Cern dan mendekati kota Modane di Perancis, kereta tergelincir dan meluncur terjun ke jurang. Kereta tidak bisa dihentikan karena menahan beban berat yang dipaksakan. Kereta lalu menabrak sebuah jembatan kayu.


Tak hanya terjun ke jurang, kereta juga terbakar hebat karena percikan api yang menyambar ke badan kereta. Kebakaran besar terjadi dan menghanguskan sebagian gerbong dan tentara yang menjadi penumpangnya.


Sejarah mencatat, korban tewas mencapai lebih dari 500 orang. Sekitar 400 tentara ditemukan dalam keadaan hangus. Pihak militer berusaha menyembunyikan tragedi tersebut. Namun, sekitar 15 tahun setelah kecelakaan, seorang Insinyur yang selamat menulis kembali cerita tersebut.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya