BTN Tingkatkan Layanan Bisnis di Indonesia Timur

Ilustrasi gedung Bank Tabungan Negara (BTN)
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Dalam upaya menyederhanakan proses bisnis sekaligus memangkas birokrasi dalam pengambilan keputusan strategis menyangkut pelayanan perbankan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meresmikan Kantor Wilayah IV yang dipusatkan di Makassar.

Dana Deklarasi Tax Amnesty Bank Mandiri Sudah Rp70 Miliar
Direktur Utama Bank BTN, Maryono, menjelaskan, setidaknya ada 13 kantor cabang yang berada dalam pengawasan Kanwil IV ini, di antaranya kantor cabang Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Gorontalo, Jayapura, Kedari, Makassar, Manado, Palu, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya dan Ternate.

Tingkatkan Kerja sama, BSM dan Muhammadiyah Teken MoU
Maryono mengungkap, total aset yang akan dikelola Kanwil IV mencapai sekitar Rp17,4 triliun dengan total kredit sekitar Rp16,9 triliun. Kanwil IV diharapkan dapat mengkoordinasi 13 kantor cabang yang ada di bawahnya untuk bagaimana dapat memberikan dukungan kepada pengembangan bisnis di wilayah Indonesia Timur.

Laba Bank Mayora Ditopang Naiknya Penyaluran Kredit
"Masih sangat besar potensi yang dapat dikembangkan di wilayah Indonesia Timur sesuai dengan kompetensi bisnis yang dimiliki Bank BTN," kata Maryono melalui keterangan tertulis, Sabtu, 12 Desember 2015.

Menurut dia, tren pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur cenderung tumbuh lebih baik di tengah perlambatan ekonomi nasional.  Kondisi ini bisa jadi peluang wilayah Indonesia Timur berkembang.

"Daerah di wilayah timur Indonesia banyak yang mampu tumbuh di atas rata-rata nasional, misalnya yang terjadi di regional Bali dan Nusa Tenggara. Sulawesi juga merupakan wilayah yang berpotensi tumbuh lebih tinggi di wilayah Indonesia Timur," tuturnya.

Maryono menambahkan program sejuta rumah tahun 2016 akan dikembangkan, salah satunya adalah ke wilayah Indonesia Timur.  Termasuk layanan perbankan berbasis eletroni banking akan turut dikembangkan di wilayah ini.

"BTN memiliki kompetensi dalam pembiayaan perumahan. Pengalaman lebih dari 39 tahun dalam memberikan pembiayaan KPR akan menjadi modal yang tidak dimiliki oleh bank lain. Ini modal strategis yang akan dimanfaatkan Bank BTN untuk meningkatkan kapasitas kredit di wilayah Indonesia Timur," tegas Maryono.

Sebagai informasi, Bank BTN didukung oleh 820 kantor layanan (konvensional dan syariah) dan tiga regional office, ditambah oleh 2.951 outlet Kantor Pos Online.

Perseroan juga telah  memiliki 1.830 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 50.000 ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Link, Bersama dan Prima. Bank BTN juga telah dilengkapi dengan layanan prioritas di 37 kantor yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya