Mengenal Tradisi Serapungan Masyarakat Sungai Musi

Serapungan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Jika bicara tentang Sumatera Selatan, daerah ini tidak lepas dari nama besar Sungai Musi.  Sungai ini masih menyandang predikat sungai terpanjang di Pulau Sumatra, yaitu sekitar 750 kilometer.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Warga yang tinggal di sepanjang sungai Musi pun telah lama terbiasa hidup berdampingan dengan air sungai. Salah satu tradisi yang sudah ada sejak dahulu dan masih dilestarikan hingga kini adalah serapungan.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


Serapungan adalah kegiatan orang zaman dulu. "Saat mau ke kebun, mereka harus lewati sungai. Tidak hanya ambil hasil kebun, tapi juga ambil kayu di hutan," jelas Kadisbudpar Kabupaten Empat Lawang, Endang Dwi Suryandani yang ditemui di sela acara International Musi Triboatton 2015, Empat Lawang, Sumatera Selatan, Rabu, 16 Desember 2015.    


Serapungan sendiri berasal dari kata terapung, kegiatan ini telah menjadi olahraga tradisional, dimana masyarakat biasa menggunakan alat ini untuk membawa hasil kebun seperti ubi, sayuran, hingga beras, dan ikan hasil tangkapan.


Endang menambahkan, tradisi ini sengaja dilestarikan agar tidak punah. Tidak hanya dilakukan saat International Musi Triboatton, namun olahraga yang telah menjadi tradisi turun-temurun ini juga dilakukan rutin saat hari jadi kabupaten Empat Lawang yang jatuh pada 20 April, namun perayaan biasa dilakukan setiap tanggal 10 April.


Alat yang digunakan untuk melakukan serapungan, cukup sederhana, hanya terbuat dari dua buah batang bambu yang diikat dengan tali atau rotan.


"Panjang bambunya 3 meter, bambu diambil direndam selama satu bulan, kemudian dikupas agar tidak licin," jelas salah seorang peserta lomba serapungan, Ali.


Pria 23 tahun ini juga menjelaskan bambu yang digunakan harus berusia tiga bulan, bambu tersebut direndam agar bisa mengapung. Tidak diperlukan persyaratan khusus untuk melakukan olahraga ini, yang pasti harus bisa renang dan dalam kondisi fit tegasnya.


Ali yang biasanya mendapat juara hiburan selama lomba ini mengatakan bahwa sejak kecil dia terbiasa main serapungan, begitupun anak lainnya di desanya.


Kalau ingin menikmati serapungan tapi tidak mahir berenang, tenang, masih ada cara lain. Serapungan santai namanya, yang satu ini berbeda dengan serapungan. Alat yang digunakan adalah ban, bisa dirangkai bisa juga satu ban. Ban yang dirangkai bisa muat hingga delapan orang di atasnya. Namun pastikan salah satu dari 8 orang yang naik ban bisa berenang jelas Ali.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya