Natal dan Tahun Baru, Trafik Data Akan Naik 22,6 Persen

BTS Telkomsel
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id - Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Hal ini dalam rangkat menyambut momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC

Momen tersebut akan diisi dengan lonjakan trafik yang cukup tinggi, baik dari sisi layanan SMS, suara, hingga data. Peningkatan yang dimaksud ini berupa kesiapan jaringan Telkomsel.

Sebelumnya, telah dilakukan uji jaringan di berbagai area utama seperti di pusat keramaian, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan yang akan dipastikan melonjak titik trafik telekomunikasinya.
 
"Periode akhir tahun merupakaan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data. Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan layanan data dari tahun ke tahun, fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima, sehingga para pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangannya, Kamis, 17 Desember 2015.

Disampaikan, saat ini Telkomsel telah mencanangkan program TrueBEx di 30 Kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest). Hal itu untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia

Selain itu, kehadiran 4G Long Term Evolution (LTE) di berbagai kota juga diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pelanggan di dalam menggunakan mobile broadband. 
 
Pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel memprediksi layanan data mengalami kenaikan yang paling signifikan mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22.6 persen dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015.

Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 Miliar menit atau naik 6,4 persen, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 Miliar SMS atau naik 18,8 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.
 
Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 370,2 GBPS atau naik sekitar 60 persen dari tahun 2014.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat

Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan (naik 11,7 persen dari tahun 2014).

Lalu, kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 303,6 juta pelangan. Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Selain itu sebanyak 100.000 Base Tranceiver Station (BTS) Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dimana pun mereka berada.  

Selain itu juga, anak perusahaan dari Telkom ini mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk  menjamin kualitas jaringan selama momen perayaan ini tetap prima.

Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung pula oleh 73 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya