Darmin Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 4,7%

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Pertumbuhan ekonomi nasional sampai akhir tahun dipastikan gagal mencapai target, yang telah ditetapkan pemerintah, sebesar 5,7 persen. Sepanjang kuartal I-2015 sampai dengan kuartal III-2015 saja pertumbuhan ekonomi domestik hanya berada di rentang 4,7 persen.

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memprediksi, pertumbuhan ekonomi dalam negeri pada kuartal IV-2015 tidak akan terlalu menggembirakan. Sebab, belanja pemerintah pada kuartal IV justru tidak bergerak cepat.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya
"Pertumbuhan ekonomi kuartal terakhir tidak akan terlalu bagus. Tahun lalu, di kuartal terakhir pengeluaran lebih cepat. Kalau sekarang tidak bertambah kecepatannya, maka tidak akan terlalu jauh," ujar Darmin dalam Forum Diskusi di Tanggerang, Banten, Kamis malam, 17 Desember 2015.

Pemerintah, kata Darmin, mengharapkan pertumbuhan pada kuartal terakhir membaik dibandingkan tiga kuartal sebelumnya. Namun, pemerintah lebih memilih bersikap realistis menyikapi hal tersebut.

"Tentu kami berharap lebih tinggi. Kalaupun lebih, rasanya tidak akan bisa lima persen. Mungkin 4,8-4,9 persen. Sehingga, sepanjang tahun 2015 pertumbuhan hanya 4,7 persen," kata dia.

Untuk mencapai target pertumbuhan yang telah dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah (APBN) 2016 sebesar 5,3 persen, Ia menuturkan, ada beberapa instrumen yang nantinya mampu memberikan kontribusi lebih terhadap pertumbuhan.

"Itu bisa dicapai, kalau investasi berjalan, infrastruktur, industri juga, ekspor bisa jalan. Kalau itu bisa terjadi, maka 5,3 persen itu bisa dicapai," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya